Mengenal Aplikasi Pengolah Angka
MATERI AJAR
BTIK
KELAS /SEM : X
/ GENAP
KD :
3.4, 4.4
PERTAMUAN : 1 –
3
MENGENAL
APLIKASI PENGOLAH ANGKA
Program
pengolah angka sering juga disebut spreadsheet. Spreadsheet merupakan program
aplikasi yang bentuk dokumennya memuat data dalam bentuk baris horizontal (row)
dan vertikal (columns).
Pengertian aplikasi
pengolah angka atau spreadsheet adalah program komputer yang memungkinkan
penggunanya untuk memasukkan, menghitung, serta menyimpan data dalam bentuk
kolom serta baris.
Ciri utama
dari program pengolah angka adalah memiliki bentuk lembar kerja berupa kolom
dan baris. Lembar kerja ini digunakan untuk meng-input, mengolah, serta
menghitung data secara matematis. Hasilnya dapat berupa angka ataupun data
statistik. Program aplikasi ini dapat
digunakan untuk menghitung secara matematis dan membantu melakukan analisis
lewat pembuatan data statistik atau semacamnya.
Selain
fungsi di atas, program pengolah angka masih memiliki tiga fungsi lainnya,
yakni:
1. Pembuatan
laporan keuangan Program pengolah angka membantu penggunanya untuk membuat
laporan keuangan. Sehingga penggunanya tidak perlu kesusahan untuk menghitung
secara manual.
2. Pembuatan
grafik Program pengolah angka membantu penggunanya untuk membuat grafik yang
diperlukan dalam pelaporan data. Artinya hasil perhitungan data dapat disajikan
dalam bentuk grafik.
3. Perhitungan
menggunakan rumus Program pengolah angka membantu penggunanya untuk menghitung
data memakai rumus yang telah disediakan. Cukup dengan meng-input data dan
memasukkan rumus yang sesuai, hasil perhitungan akan langsung muncul.
A. Macam-Macam
Program pengolah angka
1. Lotus 123
Lotus 123 merupakan salah satu program pengolah angka yang dulunya sering
digunakan. Program ini bekerja di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Lotus
123 dikeluarkan oleh IBM. Ketika diluncurkan, program ini berada dalam satu
paket dengan aplikasi Office lainnya atau yang sering disebut Lotus SmartSuite.
2. KSpread
Kspread adalah program aplikasi spreadsheet yang diluncurkan oleh KOffice. Sama
seperti excel, program ini juga memiliki bentuk lembar kerja berupa kolom dan
baris. KSpread mempunyai fitur diagram, pemeriksa ejaan, memiliki lebih dari
100 fungsi, serta fungsi pengurutan data. Tidak hanya itu, KSpread juga
memungkinkan penggunanya untuk mengimpor spreadsheet atau lembar kerja lainnya
dari format lain, seperti microsoft excel, dan program pengolah angka lainnya.
3. StarOffice
Calc Adalah program aplikasi pengolah angka yang diluncurkan oleh Sun
Microsystem. Program pengolah angka ini bersifat multiplatform. Artinya mampi
dijalankan di berbagai sistem operasi, mulai dari Linux hingga Windows.
StarOffice Calc mempunyai banyak fitur, seperti fungsi dan formula, mempunyai
fasilitas berupa grafik atau chart untuk menampilkan data dalam bentuk grafik,
penggunanya bisa menambahkan rumus yang sulit, dan lain sebagainya.
4. Quattro Pro Adalah program spreadsheet yang
dikembangkan oleh Borland. Quattro pro memungkinkan penggunanya untuk melakukan
perhitungan keuangan, matematika, statistika, ataupun pekerjaan lainnya.
Program ini memudahkan pengguna untuk mengolah data dan menyajikannya dalam
bentuk grafik yang menarik.
5. Microsoft Office
Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan
didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft
Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office
6. Spreedsheet WPS
Lembar sebar atau Lembar lajur adalah tabel informasi/data berbentuk kotak
dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan
untuk melakukan analisis komparatif
Menggunakan MS. Excel :
Fungsi Microsoft Excel
Karena sudah tidak asing dalam kehidupan
semua orang, Microsoft Excel memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri, yaitu:
- Untuk
membuat laporan keuangan.
- Bisa membuat
daftar nilai dan daftar hadir.
- Bisa
melakukan operasi kali, bagi, dan rata-rata dengan cepat.
- Dapat
menghitung kurs mata uang.
- Penyajian
data secara tepat, rapi dan akurat.
- Hasil dari
presentasi jadi lebih praktis dan mudah.
- Bisa
membantu memecahkan soal logika matematika.
- Dapat
membantu membuat diagram garis hingga diagram lingkaran.
- Suatu
perhitungan dapat dibuat grafik dari suatu tabel.
Kelebihan
Ms.Excel
1. Mempunyai kemampuan menampung
data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi
dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu
jawaban/pertanyaan.
2. Microsoft excel mempunyai Format
yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada
fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel.
Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik
lainnya.
3. Microsoft Excel mempunyai
program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan
angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
4. Dengan Pivot Tables, kita bisa
kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita
buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis
pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
1. Name Box
Name box adalah bagian Microsoft Excel
yang terletak di sebelah kiri atas di bawah ribbon yang memberi informasi
tentang sel yang sedang aktif. Fungsi name box pada microsoft excel adalah
untuk menunjukkan posisi sel yang aktif sehingga pengguna dapat mengetahui posisi
baris dan kolom sel tersebut.
Pada kotak name box tersebut akan tampil
posisi sel huruf dan angka. Huruf menandakan posisi kolom sedangkan angka
menunjukkan posisi baris. Misalnya B3 berarti sel yang aktif adalah pada kolom
B di baris 3.
2. Formula Bar
Formula bar adalah bagian MS Excel yang
berada di sebelah Name Box yang berfungsi untuk memasukkan, mengedit dan
menampilkan isi dari sel yang aktif. Isi yang dimaksud dapat berupa berbagai
hal mulai dari teks, angka dan juga rumus atau fungsi.
Di sebelah formula bar terdapat 3 tombol
yaitu:
- Tombol fx
atau Insert Function yang berfungsi untuk
mencari fungsi yang tersedia di MS Excel. Dengan tombol ini kita akan
terbantu jika lupa dengan fungsi.
- Tombol Enter untuk
menyimpan perubahan setelah mengedit sel tersebut.
- Tombol Cancel untuk
membatalkan perubahan saat mengedit sel.
3. Column
Headings (Nama Kolom)
Column headings atau nama kolom terletak
di atas sel-sel pada area worksheet. Fungsi dari Column Headings adalah untuk
menunjukkan nama dari masing-masing kolom. Setiap kolom diberi nama berupa
huruf.
4. Row Headings
(Nama Baris)
Row headings atau nama baris terletak di
samping kiri sel. Berbeda dengan penamaan kolom yang berupa huruf, penamaan
baris adalah berupa angka. Row headings juga dapat digunakan untuk menyorot
semua sel pada baris tersebut hanya dengan melakukan klik pada heading
tersebut.
5. Worksheet Area
Sebenarnya sama dengan MS Word, Worksheet
adalah lembar kerja tempat kita memasukkan konten di dalam aplikasi MS Excel.
Hal yang membedakan adalah pada Microsoft Excel wordsheet berupa tabel.
6. Sheet Tabs
Sheet tabs terletak di bawah worksheet
yang berfungsi untuk beralih ke worksheet lainnya. Pada sheet tabs kita dapat
menambahkan worksheet baru, mengedit nama, menghapus worksheet dan juga memberi
warna pada tab tersebut.
Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:
1. MENU FILES
1) New: Perintah untuk membuat lembar kerja baru
2) Open: Perintah untuk membuka dokumen
3) Close: Perintah untuk menutup jendela workbook
4) Save : Perintah untuk menyimpan data
5) Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama
6) Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web
7) Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace
8) File Search : Perintah untuk mencari file workbook
9) Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut
10) Web Page Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
11) Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman
12) Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak
13) Print Preview : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak
14) Print : Perintah untuk mencetak data
15) Send To : Perintah untuk mengirimkan file
16) Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif
17) Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel
1. MENU VIEW
1) Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal
2) Page Break Preview : Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja
3) Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah
4) Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar
5) Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus
6) Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar
7) Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer
8) Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja
9) Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook
10) Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh
11) Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja
1. MENU INSERT
1) Cell : Perintah untuk menyisipkan sel
2) Rows : Perintah untuk menambah beris sel
3) Columns : Perintah untuk menambah kolom
4) Worksheet : Perintah untuk menyisipkan lembar kerja
5) Chart : Perintah untuk membuat grafik
6) Symbol : Perintah untuk menyisipkan symbol
7) Page Break : Perintah untuk membuat halaman yang terpotong
8) Function : Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika
9) Name : Perintah untuk memberi nama range data
10) Comment : Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja
11) Picture : Perintah untuk menyisipkan gambar
12) Diagram : Perintah untuk membuat diagram
13) Object : Perintah untuk memasukkan gambar
14) Hyperlink : Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file
1. MENU FORMAT
1) Cell : Perintah untuk membuat format sel
2) Low : Perintah untuk mengatur tinggi baris
3) Column : Perintah untuk mengatur lembar kolom
4) Sheet : Perintah untuk memformat sheet
5) Auto Format : Perintah untuk membuat format table
6) Conditional Formating : Perintah untuk memformat nilai data sel
7) Style : Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja
1. MENU TOOLS
1) Spelling : Perintah untuk memeriksa data
2) Research : Perintah untuk mencari file
3) Error Cheking : Perintah untuk mengecek kesalahan
4) Track Changes : Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain
5) Compare and Merge Workbooks : Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook
6) Protection : Perintah untuk mengamankan data
7) Online Colaboration : Perintah untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya
8) Goal Seek : Perintah untuk mengubah nilai rumus
9) Scenarios : Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel
10) Formula Auditing : Perintah untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus
11) Makro : Perintah untuk menjalankan program makro
12) Add-Ins : Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins
13) Auto Correct Option : Perintah untuk menampilkan perintah auto corret
14) Custommize : Perintah untuk mengatur toolbars
15) Options : Perintah untuk membuka menu dan tabulasi
1. MENU DATA
1) Short : Perintah untuk mengurutksn data
2) Filter : Perintah untuk memfilter data
3) Form ; Perintah untuk menambah atau mengurangi data
4) Subtotal ; Perintah untuk menghitung sub total
5) Validation ; Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan
6) Table ; Perintah untuk membuat table
7) Text to Columns ; Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom
8) Consolidate ; Perintah untuk mengkonsolidasi data
9) Group and Outline ; Perintah untuk menggabungkan data
10) Pivot Tabel and Pivot Chart Report ; Perintah untuk membuat table dan grafik pivot
11) Import External Data ; Perintah untuk mengimpor data luar
12) Refresh Data ; Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar
1. MENU WINDOW
1) New Window : Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit
2) Arrange : Perintah untuk mengatur jendela
3) Unhide : Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden
4) Split ; Perintah untuk membagi lembar kerja
5) Freeze Panes ; Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat
1. MENU HELP
1) Microsoft Excel Help : Perintah untuk menampilkan office assistant
2) Show the Office Assistant : Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih
3) Microsoft Excel Online : Perintah untuk online
4) Contact Us ; Perintah untuk bantuan pada Microsoft
5) Check for Updates ; Perintah untuk mengupdate
6) Detect and Repair ; Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel
7) About Microsoft Office Excel : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel
Microsoft Excel Shortcut Keys
Sama seperti pada program Microsoft Office lainnya, pada Microsoft Excel pun apabila kita ingin supaya lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan/ pengetikan/ entri data, pada perintah-perintah tertentu akan lebih cepat kalau menggunakan shortcut key (jalan pintas), atau bagi anda yang biasa bekerja lebih banyak menggunakan keyboard.
Berikut adalah daftar shortcut key untuk Ms Excel :
§ Ctrl + A Memiilih / menyeleksi
seluruh isi dari worksheet (select all)
§ Ctrl + B Membuat Bold area / sel
yang diseleksi
§ Ctrl + I Membuat italic
area / sel yang diseleksi
§ Ctrl + K Menyisipkan link.
§ Ctrl + U Membuat garis bawah
area / sel yang diseleksi
§ Ctrl + P Menampilkan kotak
dialog print untuk memulai mencetak.
§ Ctrl + Z Membatalkan
langkah/tindakan terakhir.
§ F2 Edit sel yang dipilih
§ F5 Menuju ke sel tertentu.
Sebagai contoh, E7.
§ Shift + F5 Memunculkan kotak
pencarian
§ F7 Memeriksa ejaan teks yang
dipilih dan/ atau dokumen
§ F11 Membuat Chart
§ Shift + F3 Membuka jendela rumus
Excel
§ Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu
saat ini.
§ Ctrl + ; Memasukan tanggal.
§ Alt + Shift + F1 Membuat
Worksheet baru.
§ Ctrl + 5 membuat strikethrough
sel /area yang dipilih
§ Ctrl + F9 Minimize jendela
window
§ Ctrl + F10 Maximize jendela
window
§ Ctrl + F6 Beralih di antara file
excel yang sedang dibuka
§ Ctrl + Page up Memilih
Sheet ke arah kiri
§ Ctrl + Page down Memilih
Sheet ke arah kanan
§ Ctrl + Tab Beralih di antara Dua
atau lebih file exel yang terbuka
§ Alt + = Membuat rumus untuk
jumlah semua sel di atas
§ Ctrl + ‘ Memasukan nilai di atas
ke dalam sel sel yang dipilih.
§ Ctrl + Shift + ! Format nomor
dalam format koma.
§ Ctrl + Shift + $ Format angka
dalam format mata uang.
§ Ctrl + Shift + # Format nomor
dalam format tanggal
§ Ctrl + Shift + % Format nomor
dalam format persentase
§ Ctrl + Shift + ^ Format nomor
dalam format ilmiah.
§ Ctrl + Shift + @ Format nomor
dalam format waktu.
§ Ctrl + Arrow key Pindah ke
bagian berikut teks.
§ Ctrl + Space Pilih seluruh
kolom.
§ Shift + Space Pilih seluruh
baris.
Komentar
Posting Komentar