Mengenal Aplikasi Pengolah Angka

MATERI AJAR BTIK

 

KELAS /SEM           : X / GENAP

KD                              : 3.4, 4.4

PERTAMUAN         : 1 – 3

 

MENGENAL APLIKASI PENGOLAH ANGKA

 

Program pengolah angka sering juga disebut spreadsheet. Spreadsheet merupakan program aplikasi yang bentuk dokumennya memuat data dalam bentuk baris horizontal (row) dan vertikal (columns).

Pengertian aplikasi pengolah angka atau spreadsheet adalah program komputer yang memungkinkan penggunanya untuk memasukkan, menghitung, serta menyimpan data dalam bentuk kolom serta baris.

Ciri utama dari program pengolah angka adalah memiliki bentuk lembar kerja berupa kolom dan baris. Lembar kerja ini digunakan untuk meng-input, mengolah, serta menghitung data secara matematis. Hasilnya dapat berupa angka ataupun data statistik.  Program aplikasi ini dapat digunakan untuk menghitung secara matematis dan membantu melakukan analisis lewat pembuatan data statistik atau semacamnya.

Selain fungsi di atas, program pengolah angka masih memiliki tiga fungsi lainnya, yakni:

1. Pembuatan laporan keuangan Program pengolah angka membantu penggunanya untuk membuat laporan keuangan. Sehingga penggunanya tidak perlu kesusahan untuk menghitung secara manual.

2. Pembuatan grafik Program pengolah angka membantu penggunanya untuk membuat grafik yang diperlukan dalam pelaporan data. Artinya hasil perhitungan data dapat disajikan dalam bentuk grafik.

3. Perhitungan menggunakan rumus Program pengolah angka membantu penggunanya untuk menghitung data memakai rumus yang telah disediakan. Cukup dengan meng-input data dan memasukkan rumus yang sesuai, hasil perhitungan akan langsung muncul. 

 

A. Macam-Macam Program pengolah angka

1. Lotus 123 Lotus 123 merupakan salah satu program pengolah angka yang dulunya sering digunakan. Program ini bekerja di bawah kendali sistem operasi MS DOS. Lotus 123 dikeluarkan oleh IBM. Ketika diluncurkan, program ini berada dalam satu paket dengan aplikasi Office lainnya atau yang sering disebut Lotus SmartSuite.

2. KSpread Kspread adalah program aplikasi spreadsheet yang diluncurkan oleh KOffice. Sama seperti excel, program ini juga memiliki bentuk lembar kerja berupa kolom dan baris. KSpread mempunyai fitur diagram, pemeriksa ejaan, memiliki lebih dari 100 fungsi, serta fungsi pengurutan data. Tidak hanya itu, KSpread juga memungkinkan penggunanya untuk mengimpor spreadsheet atau lembar kerja lainnya dari format lain, seperti microsoft excel, dan program pengolah angka lainnya.

3. StarOffice Calc Adalah program aplikasi pengolah angka yang diluncurkan oleh Sun Microsystem. Program pengolah angka ini bersifat multiplatform. Artinya mampi dijalankan di berbagai sistem operasi, mulai dari Linux hingga Windows. StarOffice Calc mempunyai banyak fitur, seperti fungsi dan formula, mempunyai fasilitas berupa grafik atau chart untuk menampilkan data dalam bentuk grafik, penggunanya bisa menambahkan rumus yang sulit, dan lain sebagainya.

4.  Quattro Pro Adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Borland. Quattro pro memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan keuangan, matematika, statistika, ataupun pekerjaan lainnya. Program ini memudahkan pengguna untuk mengolah data dan menyajikannya dalam bentuk grafik yang menarik.

5. Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office

6. Spreedsheet WPS Lembar sebar atau Lembar lajur adalah tabel informasi/data berbentuk kotak dengan baris dan kolom yang berisi penghitungan-penghitungan yang digunakan untuk melakukan analisis komparatif


Menggunakan MS. Excel :

Fungsi Microsoft Excel

Karena sudah tidak asing dalam kehidupan semua orang, Microsoft Excel memiliki fungsi dan kegunaan tersendiri, yaitu:

  • Untuk membuat laporan keuangan.
  • Bisa membuat daftar nilai dan daftar hadir.
  • Bisa melakukan operasi kali, bagi, dan rata-rata dengan cepat.
  • Dapat menghitung kurs mata uang.
  • Penyajian data secara tepat, rapi dan akurat.
  • Hasil dari presentasi jadi lebih praktis dan mudah.
  • Bisa membantu memecahkan soal logika matematika.
  • Dapat membantu membuat diagram garis hingga diagram lingkaran.
  • Suatu perhitungan dapat dibuat grafik dari suatu tabel.

 

Kelebihan Ms.Excel

1.      Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.

2.      Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.

3.      Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.

4.      Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

  Bagian-bagian MS. Excel :



1. Name Box

Name box adalah bagian Microsoft Excel yang terletak di sebelah kiri atas di bawah ribbon yang memberi informasi tentang sel yang sedang aktif. Fungsi name box pada microsoft excel adalah untuk menunjukkan posisi sel yang aktif sehingga pengguna dapat mengetahui posisi baris dan kolom sel tersebut.

Pada kotak name box tersebut akan tampil posisi sel huruf dan angka. Huruf menandakan posisi kolom sedangkan angka menunjukkan posisi baris. Misalnya B3 berarti sel yang aktif adalah pada kolom B di baris 3.

2. Formula Bar

Formula bar adalah bagian MS Excel yang berada di sebelah Name Box yang berfungsi untuk memasukkan, mengedit dan menampilkan isi dari sel yang aktif. Isi yang dimaksud dapat berupa berbagai hal mulai dari teks, angka dan juga rumus atau fungsi.

Di sebelah formula bar terdapat 3 tombol yaitu:

  • Tombol fx atau Insert Function yang berfungsi untuk mencari fungsi yang tersedia di MS Excel. Dengan tombol ini kita akan terbantu jika lupa dengan fungsi.
  • Tombol Enter untuk menyimpan perubahan setelah mengedit sel tersebut.
  • Tombol Cancel untuk membatalkan perubahan saat mengedit sel.

3. Column Headings (Nama Kolom)

Column headings atau nama kolom terletak di atas sel-sel pada area worksheet. Fungsi dari Column Headings adalah untuk menunjukkan nama dari masing-masing kolom. Setiap kolom diberi nama berupa huruf.

4. Row Headings (Nama Baris)

Row headings atau nama baris terletak di samping kiri sel. Berbeda dengan penamaan kolom yang berupa huruf, penamaan baris adalah berupa angka. Row headings juga dapat digunakan untuk menyorot semua sel pada baris tersebut hanya dengan melakukan klik pada heading tersebut.

5. Worksheet Area

Sebenarnya sama dengan MS Word, Worksheet adalah lembar kerja tempat kita memasukkan konten di dalam aplikasi MS Excel. Hal yang membedakan adalah pada Microsoft Excel wordsheet berupa tabel.

6. Sheet Tabs

Sheet tabs terletak di bawah worksheet yang berfungsi untuk beralih ke worksheet lainnya. Pada sheet tabs kita dapat menambahkan worksheet baru, mengedit nama, menghapus worksheet dan juga memberi warna pada tab tersebut.

 Fungsi Menu dan Ikon Pada Program Microsoft Excel:

Program pengolah kata Microsoft Excel memiliki sembilan menu yang terdapat bar atau baris menu. Kesembilan menu itu: File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Window, dan Help. Masing-masing menu memiliki submenu perintah yang masing-masing sub perintah tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu antara lain:

 

1.      MENU FILES

1)     New:  Perintah untuk membuat lembar kerja baru

2)     Open: Perintah untuk membuka dokumen

3)     Close: Perintah untuk menutup jendela workbook

4)     Save : Perintah untuk menyimpan data

5)     Save As:Perintah untuk menyimpan data yang belum memiliki nama

6)     Save As Web Page : Perintah untuk menyimpan kedalam halaman web

7)     Save Workspace : Perintah untuk menyimpan sebagai file workspace

8)     File Search :  Perintah untuk mencari file workbook

9)     Permission : Perintah untuk melihat apa yang akan disetting dalam halaman pengelolahan data tersebut

10) Web Page Preview :  Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak

11) Page Setup : Perintah untuk mengatur setting halaman

12) Print Area : Perintah untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak

13) Print Preview   : Perintah untuk melihat lembar kerja yang akan dicetak

14) Print : Perintah untuk mencetak data

15) Send To : Perintah untuk mengirimkan file

16) Properties : Perintah untuk Membuat ringkasan file yang aktif

17) Exit : Perintah untuk menutup program Microsoft Excel

 

1.      MENU VIEW

1)     Normal : Perintah untuk menampilkan lembar kerja pada posisi normal

2)     Page Break Preview :  Perintah untuk melihat hasil pemotongan halaman lembar kerja

3)     Task Pane : Perintah untuk membuka tampilan perintah

4)     Toolbars : Perintah untuk menampilkan toolbar

5)     Formula Bar : Perintah untuk memunculkan baris rumus

6)     Status Bar : Perintah untuk memunculkan status bar

7)     Header and Footer : Perintah untuk membuat header dan footer

8)     Comments : Perintah untuk memunculkan toolbar comment dan reviewing lembar kerja

9)     Custom Views : Perintah untuk menyimpan area cetak pada workbook

10) Full Screen : Perintah untuk menampilkan layer secara penuh

11) Zoom : Perintah untuk mengganti ukuran lembar kerja

 

1.      MENU INSERT

1)          Cell                                  :  Perintah untuk menyisipkan sel

2)          Rows                               :  Perintah untuk menambah beris sel

3)          Columns                          :  Perintah untuk menambah kolom

4)          Worksheet                       :  Perintah untuk menyisipkan lembar kerja

5)          Chart                               :  Perintah untuk membuat grafik

6)          Symbol                            :  Perintah untuk menyisipkan symbol

7)          Page Break                      :  Perintah untuk membuat halaman yang terpotong

8)          Function                          :  Perintah untuk memasukkan rumus fungsi logika

9)          Name                               :  Perintah untuk memberi nama range data

10)      Comment                        :  Perintah untuk memberi catatan pada lembar kerja

11)      Picture                             :  Perintah untuk menyisipkan gambar

12)      Diagram                          :  Perintah untuk membuat diagram

13)      Object                             :  Perintah untuk memasukkan gambar

14)      Hyperlink                        :  Perintah untuk menghubungkan berkas dengan file

 

1.      MENU FORMAT

1)          Cell                                  :  Perintah untuk membuat format sel

2)          Low                                 :  Perintah untuk mengatur tinggi baris

3)          Column                           :  Perintah untuk mengatur lembar kolom

4)          Sheet                               :  Perintah untuk memformat sheet

5)          Auto Format                   :  Perintah untuk membuat format table

6)          Conditional Formating    :  Perintah untuk memformat nilai data sel

7)          Style                                :  Perintah untuk mengubah data pada lembar kerja

 

1.      MENU TOOLS

1)     Spelling                              :  Perintah untuk memeriksa data

2)     Research                            :  Perintah untuk mencari file

3)     Error Cheking                    :  Perintah untuk mengecek kesalahan

4)     Track Changes                   :  Perintah untuk melihat pengubahan oleh orang lain

5)     Compare and Merge Workbooks        :           Perintah untuk menggabungkan beberapa workbook

6)     Protection                          :  Perintah untuk mengamankan data

7)     Online Colaboration          :  Perintah untuk menyusun pertemuan beserta penjadwalannya

8)     Goal Seek                          :  Perintah untuk mengubah nilai rumus

9)     Scenarios                           :  Perintah untuk membuat ringkasan pada Microsoft Excel

10) Formula Auditing              :  Perintah untuk meletakkan rumus dengan menggunakan nilai pada sel aktif, mengatur sel dan meletakkan data ke rumus

11) Makro                                :  Perintah untuk menjalankan program makro

12) Add-Ins                          :  Perintah untuk mengaktifkan atau non aktifkan add – ins

13) Auto Correct Option         :  Perintah untuk menampilkan perintah auto corret

14) Custommize                       :  Perintah untuk mengatur toolbars

15) Options                              :  Perintah untuk membuka menu dan tabulasi

 

1.      MENU DATA

1)     Short                                  :  Perintah untuk mengurutksn data

2)     Filter                                  :  Perintah untuk memfilter data

3)     Form                                 ;  Perintah untuk menambah atau mengurangi data

4)     Subtotal                             ;  Perintah untuk menghitung sub total

5)     Validation                          ;  Perintah untuk membatasi jenis data yang dimasukkan

6)     Table                                  ;  Perintah untuk membuat table

7)     Text to Columns               ;  Perintah untuk membuat naskah text menjadi berkolom

8)     Consolidate                       ;  Perintah untuk mengkonsolidasi data

9)     Group and Outline            ;  Perintah untuk menggabungkan data

10) Pivot Tabel and Pivot Chart Report    ;           Perintah untuk membuat table dan grafik pivot

11) Import External Data        ;  Perintah untuk mengimpor data luar

12) Refresh Data                     ;  Perintah untuk menyegarkan kembali data dari luar

 

 

 

1.      MENU WINDOW

1)     New Window                    :  Perintah untuk menampilkan lembar kerja yang di edit

2)     Arrange                              :  Perintah untuk mengatur jendela

3)     Unhide                               :  Perintah untuk menampilkan kembali workbook yang di hidden

4)     Split                                   ;  Perintah untuk membagi lembar kerja

5)     Freeze Panes                      ;  Perintah untuk membuat supaya sel dibawah dapat terlibat

 

1.           MENU HELP

1)     Microsoft Excel Help        :  Perintah untuk menampilkan office assistant

2)     Show the Office Assistant   :  Perintah untuk melihat keterangan dari topic yang dipilih

3)     Microsoft Excel Online     :  Perintah untuk online

4)     Contact Us                        ;  Perintah untuk bantuan pada Microsoft

5)     Check for Updates            ;  Perintah untuk mengupdate

6)     Detect and Repair             ;  Perintah untuk mendeteksi dan memperbaiki Microsoft Excel

7)     About Microsoft Office Excel            : Perintah untuk melihat penjelasan tentang Excel

 

Microsoft Excel Shortcut Keys

 

Sama seperti pada program Microsoft Office lainnya, pada Microsoft Excel pun  apabila kita ingin supaya lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan/ pengetikan/ entri data,  pada perintah-perintah tertentu  akan lebih cepat kalau menggunakan shortcut key (jalan pintas), atau bagi anda yang biasa bekerja lebih banyak menggunakan keyboard.

Berikut adalah daftar shortcut key untuk Ms Excel :

 

§  Ctrl + A Memiilih / menyeleksi seluruh isi dari worksheet  (select all)

§  Ctrl + B Membuat Bold area / sel yang diseleksi

§  Ctrl + I Membuat  italic area / sel yang diseleksi

§  Ctrl + K Menyisipkan link.

§  Ctrl + U Membuat garis bawah  area / sel yang diseleksi

§  Ctrl + P Menampilkan kotak dialog print untuk memulai mencetak.

§  Ctrl + Z Membatalkan langkah/tindakan terakhir.

§  F2 Edit sel yang dipilih

§  F5 Menuju ke sel tertentu. Sebagai contoh, E7.

§  Shift + F5 Memunculkan kotak pencarian

§  F7 Memeriksa ejaan teks yang dipilih dan/ atau dokumen

§  F11 Membuat Chart

§  Shift + F3 Membuka jendela rumus Excel

§  Ctrl + Shift + ; Memasukan waktu saat ini.

§  Ctrl + ; Memasukan tanggal.

§  Alt + Shift + F1 Membuat Worksheet baru.

§  Ctrl + 5 membuat strikethrough sel /area yang dipilih

§  Ctrl + F9 Minimize jendela window

§  Ctrl + F10 Maximize jendela window

§  Ctrl + F6 Beralih di antara file excel yang sedang dibuka

§  Ctrl + Page up Memilih  Sheet ke arah kiri

§  Ctrl + Page down Memilih  Sheet ke arah kanan

§  Ctrl + Tab Beralih di antara Dua atau lebih file exel yang terbuka

§  Alt + = Membuat rumus untuk jumlah semua sel di atas

§  Ctrl + ‘ Memasukan nilai di atas ke dalam sel sel yang dipilih.

§  Ctrl + Shift + ! Format nomor dalam format koma.

§  Ctrl + Shift + $ Format angka dalam format mata uang.

§  Ctrl + Shift + # Format nomor dalam format tanggal

§  Ctrl + Shift + % Format nomor dalam format persentase

§  Ctrl + Shift + ^ Format nomor dalam format ilmiah.

§  Ctrl + Shift + @ Format nomor dalam format waktu.

§  Ctrl + Arrow key  Pindah ke bagian berikut teks.

§  Ctrl + Space  Pilih seluruh kolom.

§  Shift + Space Pilih seluruh baris.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10 PENERAPAN BUDAYA POSITIF

MATERI 3 BTIK BAGIAN-BAGIAN MS. WORD