MODUL 3.1.A.6. REFLEKSI TERBIMBING - PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
 

Dalam tugas setiap hari sebagai guru sering kita dihadapkan pada berbagai persoalan.  Sering kita memutuskan sesuatu berdasarkan apa yang yang kita anggap benar tanpa melihat peraturan dan  membuat pengujian benar salah atas apa yang kita putuskan. setelah mempelari modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan  Sebagai Pemimpin Pembelajaran ternyata dalam mengambil keputusan harus melewati beberapa tahap dan pengujian agar  keputusan yang kita ambil tepat dan bijaksana.

Dalam memutuskan sebuah persoalan hendaknya kita mulai dengan   menerapkan 3 prinsip, 4 paradigma dan 9 langkah dalam mengabil keputusan yaitu

A.  3  Prinsip dalam pengambilan keputusan :

1.      Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking) yaitu keputasan yang kita ambil hanya berdasarkan pada  kebaikan banyak orang tanpa melihat aturan dan melihat apa yang dibutuhkan oleh orang lain

2.      Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) yaitu keputusan yang menjunjung tinggi prinsip atau aturan yang ada  

3.      Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) yaitu keptusan yang kita ambil adalah apa yang kita harapkan orang lain lakukan kepada diri kita  

B.  4 Paradigma

1.  Individu lawan masayarkat yaitu apakah keputusan yang kita ambil benar untuk diri kita, kelompok kita atau untuk kelompok yang lebih luas atau masyarakat

2.      Rasa keadilan lawan rasa kasihan Dalam hal ini kita dihadapkan antara mengikuti aturan tertulis atau tidak mengikuti aturan sepenuhnya karena rasa belas kasihan

3. Kebenaran lawan kesetian yaitu dalam pengambilan keputusan sering kita dihadapkan pada pilihan untuk mememgang teguh nilai-nilai kebenaran atau kesetiaan kita pada pekerjaan atau orang lain

4.   Jangka pendek lawan jangka panjang, yaitu apakah keputusan yang kita ambil ini akan membawa akibat  jangka pendek atau jangka panjang

 

C.  9  Langkah pengujian dan pengambilan keputusan :

1.      Nilai-nilai yang saling bertentangan

2.      Siapa yang terlibat dalam situasi ini.

3.      Fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.

4.      Pengujian benar atau salah yang meliputi uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan Koran, uji panutan atau idola.

5.       Pengujian paradigm benar lawan benar

6.      Melakukan prinsip resolusi

7.      Investigasi opsi Trilemma

8.      Buat keputusan

9.      Lihat lagi keputusan dan refleksikan

Sebuah keputusan yang diambil hendaklah penuh tanggung jawab sehingga memberi rasa nyaman, kondusif aman dan membawa dampak positif bagi seluruh warga sekolah. Karena seorang guru adalah pemimpin dalam pembelajaran yang akan menentukan kebijakan belajar yang harus berpihak pada kebutuhan belajar murid agar sesuai dengan  Filosofi Ki Hadjar Dewantara. Pembelajaran diferensiasi dan pendidikan sosial emosional merupakan bekal yang baik bagi murid –murid agar mereka belajar sesuai minat, profil belajar dan kesiapan belajar murid dan juga dengan pendidikan sosial emosional dapat membentuk pribadi murid menjadi pribadi yang memiliki rasa empati terhadap orang lain dan mampu mengelola emosi dalam situasi apapun.

 

 AGUSTINA DAMINCE SUTAL, S.Kom – CGP ANGKATAN 1 – SMAN INSANA BARAT – TTU - NTT

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10 PENERAPAN BUDAYA POSITIF

MATERI 3 BTIK BAGIAN-BAGIAN MS. WORD