MODUL 3.1.A.6. REFLEKSI
TERBIMBING - PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN
Dalam
tugas setiap hari sebagai guru sering kita dihadapkan pada berbagai persoalan. Sering kita memutuskan sesuatu berdasarkan apa
yang yang kita anggap benar tanpa melihat peraturan dan membuat pengujian benar salah atas apa yang
kita putuskan. setelah mempelari modul 3.1 tentang Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran ternyata dalam
mengambil keputusan harus melewati beberapa tahap dan pengujian agar keputusan yang kita ambil tepat dan bijaksana.
Dalam
memutuskan sebuah persoalan hendaknya kita mulai dengan menerapkan 3 prinsip, 4 paradigma dan 9
langkah dalam mengabil keputusan yaitu
A. 3 Prinsip dalam pengambilan keputusan :
1. Berpikir
Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking) yaitu keputasan yang kita ambil hanya berdasarkan pada kebaikan banyak orang tanpa melihat aturan
dan melihat apa yang dibutuhkan oleh orang lain
2. Berpikir
Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking) yaitu keputusan yang menjunjung tinggi prinsip atau aturan
yang ada
3. Berpikir
Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) yaitu keptusan yang kita ambil adalah apa yang kita harapkan
orang lain lakukan kepada diri kita
B. 4 Paradigma
1. Individu
lawan masayarkat yaitu apakah keputusan yang kita ambil benar untuk diri kita,
kelompok kita atau untuk kelompok yang lebih luas atau masyarakat
2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan Dalam hal ini kita dihadapkan antara mengikuti aturan tertulis atau tidak mengikuti aturan sepenuhnya karena rasa belas kasihan
3. Kebenaran
lawan kesetian yaitu dalam pengambilan keputusan sering kita dihadapkan pada
pilihan untuk mememgang teguh nilai-nilai kebenaran atau kesetiaan kita pada
pekerjaan atau orang lain
4. Jangka
pendek lawan jangka panjang, yaitu apakah keputusan yang kita ambil ini akan
membawa akibat jangka pendek atau jangka
panjang
C. 9 Langkah pengujian dan pengambilan keputusan :
1. Nilai-nilai yang saling bertentangan
2. Siapa yang terlibat dalam situasi ini.
3. Fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini.
4. Pengujian benar atau salah yang meliputi uji legal, uji regulasi, uji intuisi, uji halaman depan Koran, uji panutan atau idola.
5. Pengujian paradigm benar lawan benar
6. Melakukan prinsip resolusi
7. Investigasi opsi Trilemma
8. Buat keputusan
9. Lihat lagi keputusan dan refleksikan
Sebuah
keputusan yang diambil hendaklah penuh tanggung jawab sehingga memberi rasa
nyaman, kondusif aman dan membawa dampak positif bagi seluruh warga sekolah. Karena
seorang guru adalah pemimpin dalam pembelajaran yang akan menentukan kebijakan
belajar yang harus berpihak pada kebutuhan belajar murid agar sesuai dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara. Pembelajaran
diferensiasi dan pendidikan sosial emosional merupakan bekal yang baik bagi
murid –murid agar mereka belajar sesuai minat, profil belajar dan kesiapan
belajar murid dan juga dengan pendidikan sosial emosional dapat membentuk
pribadi murid menjadi pribadi yang memiliki rasa empati terhadap orang lain dan
mampu mengelola emosi dalam situasi apapun.
Komentar
Posting Komentar