AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10 PENERAPAN BUDAYA POSITIF

MEMBENTUK  KARAKTER  PESERTA DIDIK MELALUI

PEMBUATAN POSTER BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH

1.1.Latar Belakang

 

Budaya positif di sekolah adalah kebiasaan yang disepakati bersama untuk dijalankan dalam waktu yang lama. Jika kebiasaan positif ini sudah membudaya maka nilai-nilai karakter yang diharapkan akan terbentuk dalam diri peserta didik. Dengan membiasakan budaya positif maka akan menumbuhkan semangat warga sekolah untuk senantiasa belajar tentang sesuatu yang memiliki nilai –nilai kebaikan.

Karakter adalah watak, tabiat, akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap dan bertindak.  Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut oleh karena itu sekolah menjadi lembaga pembentuk karakter siswa yang paling efektif. 

Sebagai pendidik penulis merasa bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter peserta didik untuk itu penulis menanamkan nilai-nilai karakter baik kepada peserta didik melalui bimbingan membuat poster budaya positif di sekolah dengan applikasi pembuat poster.

 

1.2.Deskripsi Aksi Nyata

Kegiatan aksi nyata dilakukan bulan januari awal semester genap tahun pelajaran 2020/2021, kegiatan diawali  konsultasi dengan kepala sekolah dan mensosialisasikan kepada warga sekolah khususnya para wali kelas pada rapat awal tahun pelajaran. Karena sasaran utama  kegiatan adalah peserta didik maka penulis mensosialisasikan kepada peserta didik saat jam istirahat agar tidak menggangu waktu kegiatan belajar mengajar di kelas.

Peserta didik sangat antusias karena mereka diberi kebebasan memilih sendiri model poster dan aplikasi yang mudah mereka gunakan untuk membuat poster. karena masih dalam susana covid bimbingan pembuatan poster dibuat dalam beberapa kelompok kecil. Poster-poster yang telah dibuat dipajang di dalam kelas sebagai pengingat akan nilai-nilai karakter baik bagi peserta didik.

 

1.3.Hasil Aksi Nyata

Hasil yang diperoleh dari kegiatan aksi nyata pembuatan poster budaya postif di sekolah adalah :

-          Menanamkan nilai-nilai positif dalam diri peserta didik melalui poster nilai-nilai karakter baik  seperti 5 S(Senyum, Sapa, Salam, Sopan, santun), 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak), 3 K(Kebersihan, Keindahan, Kerindangan)

-          Setiap kelas terpajang poster budaya positif

-          Menumbuhkan kreatifitas siswa melalui pembuatan poster

-          Siswa semakin mahir menggunakan aplikasi pembuat poster

 

1.4.Refleksi dan Rencana Perbaikan di Masa Mendatang

Penulis menyadari sepenuhnya bahwa kegiatan aksi nyata ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak sangat diperlukan untuk perbaikan di masa depan. Salah satu kekurangan yang paling menonjol adalah kemampuan peserta didik untuk memanfaatkan aplikasi-plikasi pembuat poster belum merata ada beberapa siswa yang sudah mahir menggunakan aplikasi pembuat poster namun ada sebagian yang belum untuk itu penulis akan membuat bimbingan dengan metode tutor sebaya agar peserta yang sudah mahir dapat membantu peserta didik yang belum mahir. kegiatan aksi nyata ini juga terkendala pembatasan waktu tatap muka dengan siswa karena pandemi covid untuk itu penulis akan membuat bimbingan pembuatan poster secara online.









 

 


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MATERI 3 BTIK BAGIAN-BAGIAN MS. WORD