AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10 PENERAPAN BUDAYA POSITIF
MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI
PEMBUATAN
POSTER BUDAYA POSITIF DI SEKOLAH
1.1.Latar
Belakang
Budaya positif di sekolah
adalah kebiasaan yang disepakati bersama untuk dijalankan dalam waktu yang
lama. Jika kebiasaan positif ini sudah membudaya maka nilai-nilai karakter yang
diharapkan akan terbentuk dalam diri peserta didik. Dengan membiasakan budaya
positif maka akan menumbuhkan semangat warga sekolah untuk senantiasa belajar
tentang sesuatu yang memiliki nilai –nilai kebaikan.
Karakter adalah watak, tabiat,
akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi
berbagai kebajikan yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara
pandang, berpikir, bersikap dan bertindak.
Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai
karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran
atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut oleh karena
itu sekolah menjadi lembaga pembentuk karakter siswa yang paling efektif.
Sebagai pendidik penulis merasa
bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter peserta didik untuk itu penulis
menanamkan nilai-nilai karakter baik kepada peserta didik melalui bimbingan
membuat poster budaya positif di sekolah dengan applikasi pembuat poster.
1.2.Deskripsi
Aksi Nyata
Kegiatan aksi nyata dilakukan bulan januari awal semester
genap tahun pelajaran 2020/2021, kegiatan diawali konsultasi dengan kepala sekolah dan
mensosialisasikan kepada warga sekolah khususnya para wali kelas pada rapat
awal tahun pelajaran. Karena sasaran utama
kegiatan adalah peserta didik maka penulis mensosialisasikan kepada
peserta didik saat jam istirahat agar tidak menggangu waktu kegiatan belajar
mengajar di kelas.
Peserta didik sangat antusias karena mereka diberi
kebebasan memilih sendiri model poster dan aplikasi yang mudah mereka gunakan
untuk membuat poster. karena masih dalam susana covid bimbingan pembuatan
poster dibuat dalam beberapa kelompok kecil. Poster-poster yang telah dibuat
dipajang di dalam kelas sebagai pengingat akan nilai-nilai karakter baik bagi
peserta didik.
1.3.Hasil
Aksi Nyata
Hasil
yang diperoleh dari kegiatan aksi nyata pembuatan
poster budaya postif di sekolah adalah :
-
Menanamkan
nilai-nilai positif dalam diri peserta didik melalui poster nilai-nilai
karakter baik seperti 5 S(Senyum, Sapa,
Salam, Sopan, santun), 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak), 3
K(Kebersihan, Keindahan, Kerindangan)
-
Setiap kelas
terpajang poster budaya positif
-
Menumbuhkan
kreatifitas siswa melalui pembuatan poster
-
Siswa semakin mahir
menggunakan aplikasi pembuat poster
1.4.Refleksi dan Rencana Perbaikan di Masa Mendatang
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa kegiatan aksi nyata
ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak
sangat diperlukan untuk perbaikan di masa depan. Salah satu kekurangan yang
paling menonjol adalah kemampuan peserta didik untuk memanfaatkan
aplikasi-plikasi pembuat poster belum merata ada beberapa siswa yang sudah
mahir menggunakan aplikasi pembuat poster namun ada sebagian yang belum untuk
itu penulis akan membuat bimbingan dengan metode tutor sebaya agar peserta yang
sudah mahir dapat membantu peserta didik yang belum mahir. kegiatan aksi nyata
ini juga terkendala pembatasan waktu tatap muka dengan siswa karena pandemi
covid untuk itu penulis akan membuat bimbingan pembuatan poster secara online.
Komentar
Posting Komentar