TUGAS MODUL 3.3.A.7.

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL - PENGELOLAAN PROGRAM

YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

 Rancangan Program yang Berdampak pada Murid

Nama Program : Lingkungan Sekolah yang Nyaman Bagi Proses Belajar

 

A.    Tahapan 5 D/BAGJA

1.      Buat pertanyaan Bagaimana menciptakan yang lingkungan nyaman dan sejuk  sejuk bagi murid

2.      Ambil pelajaran : Saat jam istirahat terlihat beberapa murid membaca/belajar bersama di bawah pohon yang rindang

3.      Gali Mimpi Lingkungan yang nyaman sebagai tempat belajar murid adalah lingkungan yang bersih, rindang, ada tempat duduk

ü  Murid merasa nyaman dan damai selama jam istirahat sekolah

ü  Kesadaran warga sekolah dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah

ü  Kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekolah

4.      Jabarkan Rencana

ü  Berkonsultasi dengan kepala Sekolah dan wakil kepala Sekolah

ü  Mensosialisasikan ke seluruh unsur sekolah terkait program pengembangan lingkungan sekolah

ü  Membangun kersama dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk pengadaan pohon-pohon

ü  Bekerjasama dengan pemerintah desa dalam upaya menumbuhkan kesadaran msayarakat desa dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah

ü  Melakukan penanaman pohon di sekitar halaman sekolah

ü  Membuat tempat duduk di bawah pohon yang

5.      Atur Eksekusi

ü  Program ini dapat berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah, seperti kepala sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid sebagai panitia pelaksana. Murid yang menjadi panitia pelaksana mempunyai  kebebasan untuk merancang kegiatan dengan petunjuk dan arahan dari guru/kepala sekolah. Kegiatan ini dapat melibatkan masyarakat di sekitar sekola.

ü  Monitor dilakukan oleh murid kepada murid dan untuk murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala sekolah, dan masyarakat luar sekolah

 

B. Rencana Monitoring, Evaluasi, dan Pembelajaran dan pelaporan

a. Pertanyaan Kunci

Pertanyaan Kunci

 

Evaluasi Program

(Diisi dengan pertanyaan utama yang menjadi tujuan evaluasi)

1.    Sejauh apa program yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program?

2.    Seberapa banyak hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian?

 

b. Fokus Monitoring

 

 

Fokus Monitoring

 

Pertimbangan Pemilihan

 

Pertanyaan Utama Monitoring

Diisi dengan pilihan aktivitas-

Diisi dengan alasan

Diisi dengan pertanyaan

aktivitas atau tujuan antara

pemilihan aktivitas atau

untuk menggali fokus

program (outcomes) yang akan

tujuan antara (outcomes)

monitoring yang

dipantau/dimonitor sepanjang

program

berpengaruh pada

pelaksanaan program, hal ini yang akan digunakan sebagai

 

tujuan program

data untuk evaluasi program

 

 

 

 

 

bagaimana kegiatan Penghijauan sekolah dan pembuatan  tempat duduk di taman sekolah berjalan?

Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik: Seluruh ketua kelas mengikuti petunjuk ketua OSIS

Bagaimana sikap seluruh warga sekolah dalam menjaga kelestarian leingkungan sekolah?

 

c. Metode Penggalian Data

 

Pertanyaan Monitoring

Sumber Informasi

Metode

Kapan/ Bagaimana

Diisi dengan pertanyaan Utama Monitoring

Diisi dengan pihak/aktor yang berkaitan dengan pertanyaan monitoring

Diisi dengan metode untuk penggalian data kepada sumber informasi

Contoh: kajian evaluasi, observasi, wawancara, kuesioner/survey

Diisi dengan waktu penggalian informasi

Apakah seluruh kela menjaga kelestarian dan kebersihan halaman kelasnya?

Guru, murid

Menggunakan Google Form

Dalam proses berjalan

Bagaimana respons anggota kelas saat diminta menanam dan menyiram tanaman dihalaman kelas?

 

 

 

 

 d. Strategi Pengolahan Data

 

Pertanyaan Monitoring

Data yang terkumpul

 

Kesimpulan

Catatan Khusus, Pengecualian,dll

Diisi dengan pertanyaan monitoring dan pertanyaan tambahan tentang tim pengelola program

Diisi dengan data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari berbagai metode

Diisi kesimpulan yang dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data dan informasi yang ada pada kolom kedua

Bila ada catatan khusus yang memberikan nuansa atas kesimpulan yang ditarik, catat di kolom ini

bagaimana pembagian peran dalam tim? Apakah semua orang dalam tim melaksanakan perannya dengan baik?

Setiap anggota kelas bertanggung jawab, menanam, menjaga dan menyiram tanaman di halaman kelas dengan baik

Kegiatan penghijauan sekolah berjalan dengan baik

 

                     

e. Pembelajaran Program

 

Faktor-Faktor Pendukung Pelaksanaan Program

 

Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program

 

Pembelajaran

Diisi dengan hal-hal yang mendukung keberhasilan program

Diisi dengan hal-hal yang menghambat pencapaian program

Diisi dengan hasil refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program

Ø  keterseiaan sumber air

Ø  kesadaran warga sekolah untuk menjaga kelestarian lingkungan sekolah

Intensitas perawatan tanaman berkurang saat libur sekolah

Murid yang rumahnya dekat dengan sekolah bergantian bertugas menyiram tanaman di sekolah

f.    Pelaporan Program

LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM

Gambaran Umum Program

Program Lingkungan Sekolah yang Nyaman Bagi Proses Belajar di mulai dengan pengadaan tanaman yang rindang dari dana sekolah dan juga setiap murid membawa tanaman hias dari rumah masing-masing, setiap kelas bertanggung jawab menjaga dan menyiram tanaman di halaman kelas. Di sekitar tanaman –tanaman yang rindang dibuat tempat duduk agar dapat digunakan sebagai taman baca bagi siswa.

Deskripsi Pelaksanaan Program:

-           Waktu Pelaksanaan : dimulai pada bulan Mei Tahun 2021

-           Strategi Pelaksanaan Program : Menanam tanaman rindang di halaman sekolah dan membuat tempat duduk di sekita pohon yang rindang

-           Faktor Pendukung dan Penghambat Program :

Faktor pendukung Halaman sekolah yang masih luas, Ketersediaan air, kesadaran warga sekolah untuk menjaga kelestarian lingkunan sekolah. Hamabatan : belum tersedianya pagar sekolah, kesadaran masyarakat  sekitar sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah.

-           Hasil Pelaksanaan Program : Para Siswa tentunya memerlukan Lingkungan pekarangan sekolah yang nyaman, bersih , dan cukup pepohonan. Halaman sekolah Yang Rindang, dapat dimanfaatkan sebagai Sarana Belajar secara langsung

Evaluasi Program: evaluasi dilaksanakan setelah program selesai selama satu bulan. Evaluasi melibatkan seluruh pemangku kepentingan sekolah.

Pembelajaran Program:

Fakta : yang paling menarik adalah siswa mulai sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan sekolah, siswa nyaman di sekolah karena ada tempat duduk di bawah pohon-pohon yang rindang

Perasaan : saya merasa bersemangat karena  sekolah saya yang dulu tandus menjadi sejuk rindang, siswa yang sering keluar dari lingkungan sekolah saat istirhat menjadi betah berada di lingkungan sekolah karena tersedia tempat duduk di bawah pohon-pohon yang rindang.

Temuan : Mengapa masih ada masyarakat yang melepas hewan peliharaan di sekitar lingkungan sekolah? Hal ini terjadi karena belum terbangun komunikasi dengan masyarakat sekitar lingkungan sekolah. Langkah yang dapat diambil adalah membangun komunikasi dengan masyarakat sekita sekolah melalui kerjasama dengan pemerintah Desa.

Masa Depan

Jika lingkungan sekolah Nyaman bersih, cukup pepohonan dan memiliki tempat duduk di halaman sekolah maka siswa semakin betah untuk bermain sambil belajar di lingkungan sekolah. Dan hal ini dapat terjadi karena dukukungan dan kerjasama seluruh warga sekolah dan pemangku kepentingan sekolah. Rencana untuk masa depan semoga program ini tidak hanya berjalan satu tahun namun berkelanjutan ke tahun-tahun berikutu sehingga dapat tercipta sekolah yang rindang dan nyaman bagi siswa.

 

 

Ketika  aku  bermimpi sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu adalah penciptaan surga di dunia.

 

Oleh : Agustina Damince Sutal, S.Kom-CGP Angkatan 1 – SMAN Insana Barat - Kab. TTU – Prop.NTT

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10 PENERAPAN BUDAYA POSITIF

MATERI 3 BTIK BAGIAN-BAGIAN MS. WORD