TUGAS
MODUL 3.3.A.7.
DEMONSTRASI
KONTEKSTUAL - PENGELOLAAN PROGRAM
YANG
BERDAMPAK PADA MURID
Nama Program : Lingkungan Sekolah yang
Nyaman Bagi Proses Belajar
A. Tahapan
5 D/BAGJA
1.
Buat
pertanyaan Bagaimana menciptakan yang lingkungan nyaman dan sejuk sejuk bagi murid
2.
Ambil
pelajaran : Saat jam istirahat terlihat beberapa murid membaca/belajar bersama
di bawah pohon yang rindang
3.
Gali
Mimpi Lingkungan yang nyaman sebagai tempat belajar murid adalah lingkungan
yang bersih, rindang, ada tempat duduk
ü Murid merasa nyaman dan damai selama jam
istirahat sekolah
ü Kesadaran warga sekolah dalam menjaga
kelestarian lingkungan sekolah
ü Kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan
sekolah
4.
Jabarkan Rencana
ü Berkonsultasi dengan kepala Sekolah dan wakil
kepala Sekolah
ü Mensosialisasikan ke seluruh unsur sekolah
terkait program pengembangan lingkungan sekolah
ü Membangun kersama dengan Dinas Lingkungan Hidup
untuk pengadaan pohon-pohon
ü Bekerjasama dengan pemerintah desa dalam upaya
menumbuhkan kesadaran msayarakat desa dalam menjaga kelestarian lingkungan
sekolah
ü Melakukan penanaman pohon di sekitar halaman
sekolah
ü Membuat tempat duduk di bawah pohon yang
5.
Atur
Eksekusi
ü Program ini dapat
berjalan dengan baik dengan keterlibatan semua komunitas sekolah, seperti kepala
sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid sebagai
panitia pelaksana. Murid yang menjadi panitia pelaksana mempunyai kebebasan untuk merancang kegiatan dengan
petunjuk dan arahan dari guru/kepala sekolah. Kegiatan ini dapat melibatkan
masyarakat di sekitar sekola.
ü Monitor dilakukan oleh
murid kepada murid dan untuk murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala
sekolah, dan masyarakat luar sekolah
B. Rencana Monitoring, Evaluasi, dan Pembelajaran dan pelaporan
a.
Pertanyaan Kunci
Pertanyaan Kunci |
|
Evaluasi Program (Diisi dengan pertanyaan utama yang menjadi tujuan evaluasi) |
1. Sejauh apa program
yang telah berjalan sesuai dengan tujuan utama program? 2. Seberapa banyak
hambatan yang ditemui selama pelaksanaan program ini? Mengapa terjadi demikian? |
b.
Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan
Pemilihan |
Pertanyaan
Utama Monitoring |
Diisi
dengan pilihan aktivitas- |
Diisi
dengan alasan |
Diisi
dengan pertanyaan |
aktivitas
atau tujuan antara |
pemilihan
aktivitas atau |
untuk
menggali fokus |
program
(outcomes) yang akan |
tujuan
antara (outcomes) |
monitoring
yang |
dipantau/dimonitor
sepanjang |
program |
berpengaruh
pada |
pelaksanaan program, hal ini yang akan digunakan
sebagai |
|
tujuan
program |
data
untuk evaluasi program |
|
|
|
|
|
bagaimana kegiatan Penghijauan
sekolah dan pembuatan tempat duduk di
taman sekolah berjalan? |
Untuk memastikan
kegiatan berjalan dengan baik: Seluruh ketua kelas mengikuti petunjuk ketua
OSIS |
Bagaimana sikap seluruh
warga sekolah dalam menjaga kelestarian leingkungan sekolah? |
c. Metode Penggalian Data
Pertanyaan
Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/
Bagaimana |
Diisi dengan
pertanyaan Utama Monitoring |
Diisi dengan
pihak/aktor yang berkaitan dengan pertanyaan monitoring |
Diisi dengan metode untuk penggalian data kepada sumber informasi Contoh: kajian evaluasi, observasi, wawancara,
kuesioner/survey |
Diisi dengan waktu
penggalian informasi |
Apakah seluruh kela
menjaga kelestarian dan kebersihan halaman kelasnya? |
Guru, murid |
Menggunakan Google
Form |
Dalam proses berjalan |
Bagaimana respons anggota
kelas saat diminta menanam dan menyiram tanaman dihalaman kelas? |
|
|
|
Pertanyaan
Monitoring |
Data
yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan
Khusus, Pengecualian,dll |
Diisi dengan pertanyaan
monitoring dan pertanyaan tambahan tentang tim pengelola program |
Diisi dengan
data dan informasi yang menjawab pertanyaan monitoring tersebut, dari
berbagai metode |
Diisi
kesimpulan yang dapat ditarik untuk menjawab pertanyaan monitoring dari data
dan informasi yang ada pada kolom kedua |
Bila ada
catatan khusus yang memberikan nuansa atas kesimpulan yang ditarik, catat di
kolom ini |
bagaimana pembagian
peran dalam tim? Apakah semua orang dalam tim melaksanakan perannya dengan
baik? |
Setiap anggota kelas bertanggung
jawab, menanam, menjaga dan menyiram tanaman di halaman kelas dengan baik |
Kegiatan penghijauan
sekolah berjalan dengan baik |
|
e.
Pembelajaran Program
Faktor-Faktor
Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Diisi dengan
hal-hal yang mendukung keberhasilan program |
Diisi dengan
hal-hal yang menghambat pencapaian
program |
Diisi dengan hasil
refleksi dan temuan-temuan signifikan selama pelaksanaan program |
Ø keterseiaan
sumber air Ø kesadaran
warga sekolah untuk menjaga kelestarian lingkungan sekolah |
Intensitas perawatan tanaman berkurang saat libur
sekolah |
Murid yang rumahnya
dekat dengan sekolah bergantian bertugas menyiram tanaman di sekolah |
f. Pelaporan
Program
LAPORAN
PELAKSANAAN PROGRAM |
Gambaran
Umum Program Program
Lingkungan Sekolah yang Nyaman Bagi
Proses Belajar di mulai dengan pengadaan tanaman yang
rindang dari dana sekolah dan juga setiap murid membawa tanaman hias dari
rumah masing-masing, setiap kelas bertanggung jawab menjaga dan menyiram
tanaman di halaman kelas. Di sekitar tanaman –tanaman yang rindang dibuat
tempat duduk agar dapat digunakan sebagai taman baca bagi siswa. |
Deskripsi
Pelaksanaan Program: -
Waktu Pelaksanaan : dimulai pada bulan Mei
Tahun 2021 -
Strategi Pelaksanaan Program : Menanam tanaman rindang di
halaman sekolah dan membuat tempat duduk di sekita pohon yang rindang -
Faktor Pendukung dan
Penghambat Program : Faktor pendukung Halaman
sekolah yang masih luas, Ketersediaan air, kesadaran warga sekolah untuk
menjaga kelestarian lingkunan sekolah. Hamabatan : belum tersedianya pagar
sekolah, kesadaran masyarakat sekitar
sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah. -
Hasil Pelaksanaan Program : Para Siswa tentunya
memerlukan Lingkungan pekarangan sekolah yang nyaman, bersih , dan cukup
pepohonan. Halaman sekolah Yang Rindang, dapat dimanfaatkan sebagai Sarana
Belajar secara langsung |
Evaluasi
Program: evaluasi dilaksanakan setelah
program selesai selama satu bulan. Evaluasi melibatkan seluruh pemangku
kepentingan sekolah. |
Pembelajaran Program: Fakta
: yang paling menarik adalah siswa mulai sadar untuk menjaga kelestarian
lingkungan sekolah, siswa nyaman di sekolah karena ada tempat duduk di bawah
pohon-pohon yang rindang Perasaan
: saya merasa bersemangat karena sekolah
saya yang dulu tandus menjadi sejuk rindang, siswa yang sering keluar dari
lingkungan sekolah saat istirhat menjadi betah berada di lingkungan sekolah karena
tersedia tempat duduk di bawah pohon-pohon yang rindang. Temuan
: Mengapa masih ada masyarakat yang melepas hewan peliharaan di sekitar
lingkungan sekolah? Hal ini terjadi karena belum terbangun komunikasi dengan
masyarakat sekitar lingkungan sekolah. Langkah yang dapat diambil adalah
membangun komunikasi dengan masyarakat sekita sekolah melalui kerjasama
dengan pemerintah Desa. Masa Depan Jika lingkungan
sekolah Nyaman bersih, cukup pepohonan dan memiliki tempat duduk di halaman
sekolah maka siswa semakin betah untuk bermain sambil belajar di lingkungan
sekolah. Dan hal ini dapat terjadi karena dukukungan dan kerjasama seluruh
warga sekolah dan pemangku kepentingan sekolah. Rencana untuk masa depan
semoga program ini tidak hanya berjalan satu tahun namun berkelanjutan ke
tahun-tahun berikutu sehingga dapat tercipta sekolah yang rindang dan nyaman
bagi siswa. |
Ketika aku bermimpi
sendiri, itu hanyalah sebuah mimpi. Ketika kita bermimpi bersama, itu adalah
awal sebuah kenyataan. Ketika kita bekerja bersama, mengikuti mimpi kita, itu
adalah penciptaan surga di dunia.
Oleh : Agustina Damince Sutal, S.Kom-CGP Angkatan 1 – SMAN Insana
Barat - Kab. TTU – Prop.NTT
Komentar
Posting Komentar