RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARA
JARAK JAUH (KOMBINASI DARING DAN LURING)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri Insana
Barat
Mata Pelajaran : Bimbingan TIK
Kelas/ Semester : X/
Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Materi Pokok : Formula
dan Fungsi pada Microsoft Excel
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan manfaat formula dan fungsi pada Ms. Excel
2. Menggunakan formula dan
fungsi pada Ms. Excel
3. Menyelesaikan masalah pengolahan angka dengan formula dan fungsi pada Ms.Excel
B. SUMBER BELAJAR
1. Bahan ajar TIK Kelas X
2. Buku pegangan guru
TIK kelas X
3. Internet
C.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Komputer, Aplikasi Ms.excel
D.
MODEL PEMBELAJARAN
Saintific
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP PEMBELAJARAN |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
A, Kegiatan
Pendahuluan
10 menit |
||
Pendahuluan (persiapan/orientasi) |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
|
|
Apersepsi |
v Mengingatkan kembali materi sebelumnya dengan quis
|
|
Motivasi
|
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
|
|
A. Kegiatan Inti
30 menit |
||
|
Guru
Minta murid untuk: Mengamati a.
Guru
menayangkan materi manfaat dan langkah-langkah menggunakan formula dan
fungsi pada Ms. excel Menanya Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk
bertanya tentang manfaat formula dan fungsi pada Ms. excel
yang sudah mereka lihat dalam tutorial yang guru tayangkan b.
Peserta
didik
dibagi ke dalam beberapa ke dalam 5 – 6 kelompok, kelompok dibagi berdasarkan
kesiapan belajar murid dan profil belajar murid (Guru melakukan diferensiasi proses) c.
Guru
membagikan LKPM (lembar kerja pembelajaran murid) d.
Peserta didik beridiskusi dan mengenai manfaat formula dan
fungsi yang ada pada Ms.Excel Mengasosiasi e.
Peserta didik mencari referensi dari buku dan interenet, google
classsrom dan chanel youtube terkait cara penggunaan formula dan dan fungsi
pada ms.excel (Guru melakukan diferensiasi konten)
Mengkomunikasikan f.
Perwakilan dari kelompok
penyampaikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain
|
|
Kegiatan Penutup
5 Menit |
||
|
a. Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan
penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai
pembiasaaan perilaku bertanggung jawab (tugas dapat
dikumpulkan melalui WA, Googleclassroom atau secara langsung saat jadwal
tatap muka) guru melakukan diferensiasi
produk b. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan c. Menginformasikan materi yang akan dipelajari
dipertemuan selanjutnya d. Mengakhiri pembelajaran dengan salam sebagai pembiasaan perilaku
santun dan religius |
|
F. PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen murid
dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas, keaktifan dan kerjasama dalam diskusi kelompok .
Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang Formula dan fungsi dalam Ms. Excel
Keterampilan : Menggunakan formula
dan fungsi dalam Ms.Excel untuk menyelesaikan contoh soal
Strategi dan Alat Penilaian:
1. Penilaian Sikap
-
Strategi: Observasi
-
Alat:
Catatan Anekdot
Nama murid |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Nama Satuan pendidikan : SMAN Insana Barat
Tahun pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Mata Pelajaran :BTIK
1.
KISI-KISI SOAL
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
1 |
Mengidentifikasi perangkat lunak
pengolah angka (Ms. Exel) beserta fungsi ikon dan menunya
|
Menetukan
rata-rata (average) |
Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel |
disajikan data dalam
tabel daftar nilai, siswa diminta untuk menentukan
ratarata nilai siswa |
L3 |
Essay
Test |
1 |
2 |
|
Menetukan nilai tertinggi (MAX) |
Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel |
disajikan data dalam
tabel daftar nilai, siswa diminta untuk menentukan
ratarata nilai siswa |
L3 |
Essay
Test |
2 |
3 |
|
Menetukan nilai
terendah (min) |
Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel |
disajikan data dalam
tabel daftar nilai, siswa diminta untuk menentukan
ratarata nilai siswa |
L3 |
Essay
Test |
3 |
2.
BUTIR SOAL, KUNCI JAWABAN
DAN PEDOMAN PENSKORAN
No |
Butir Soal |
Kunci Jawaban |
Pedoman Penskoran |
1.
|
Dari
tabel daftar nilai informaika kelas X
MIA berapakah nilai rata-rata dari siswa Irma?
|
85,5
|
2 |
2 |
Dari
tabel daftar nilai informaika kelas X
MIA Siapakah siswa yang memperoleh nilai tertinggi ?
|
MARIA |
2 |
3 |
Dari
tabel daftar nilai informaika kelas X
MIA siapakah siswa yang memperoleh nilai terendah?
|
DIANA
|
2 |
|
TOTAL
SKOR MAKSIMUM |
|
6 |
3. Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan
Nama Satuan pendidikan : SMAN Insana Barat
Tahun pelajaran : 2020/2021
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Mata Pelajaran :
BTIK
Alokasi Waktu : 2
x 45 Menit
Indikator keterampilan yang relevan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data
1.
Kurang
terampil jika sama sekali tidak dapat membuat Teks, tidak dapat membuat tabel
dan tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM
2.
Cukup
Terampil jika dapat membuat teks namun tidak dapat membuat tabel dan menerapkan
fungsi Average, MAX, MIN dan SUM
3.
Terampil jika dapat membuat teks, tabel namun
tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM
4.
Sangat
Terampil jika mampu membuat teks, tabel dan menerapkan fungsi Average, MAX, MIN
dan SUM
Bubuhkan tanda √ yang sesuai dengan hasil
pengamatan
No |
Nama Siswa |
Keterampilan Menerapkan konsep/prinsip
Problem Based Learning |
|||
|
|
ST |
T |
CT |
KT |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
6 |
Dst....... |
|
|
|
|
keterangan
ST :
Sangat Terampil
T :
Terampil
CT :
Cukup Terampil
KT :
Kurang Terampil
lampran
4
LEMBAR KERJA
PEMBELAJARAN MURID (LKPM)
KELAS
: _______________________________
NAMA
ANGGOTA
KELOMPOK : 1. ____________________________
2.______________________________
3. _____________________________
4.______________________________
5.______________________________
Materi Pokok : Formula dan fungsi pada Ms. Excel
Petunjuk :
1. Kerjakan tugas ini secara
Berkelompok
2.
kerjakan
sesuai petunjuk
3.
hasil
tugas dikumpulkan lewat
group WA, Classroom atau secara langsung pada pertemuan berikut
1.
Langkah-langkah
mengerjakan Tugas Praktik
Ø Aktifkan Ms. Exel dengan rosedur
yang benar
Ø Buatlah tabel seperti tabel di
bawah ini !
Ø Tentukanlah rata-rata, nilai
tertinggi, nilai terendah dan jumlah sesuai petunjuk pada tabel di bawah !
2.
Esai Test
1)
Dari tabel daftar nilai informaika kelas X MIA berapakah nilai
rata-rata dari siswa Irma?
_______________________
2)
Dari tabel daftar nilai informaika kelas X MIA Siapakah siswa yang
memperoleh nilai tertinggi ?
_________________
3)
Dari tabel daftar nilai informaika kelas X MIA siapakah siswa yang
memperoleh nilai terendah?
_________________________
lampran
4 Bahan
Ajar
FORMULA
dan FUNGSI SEDERHANA dalam
MICROSOFT EXCEL
Salah satu fungsi utama program
pengolah angka seperti Microsoft Excel
adalah untuk menghitung data secara otomatis.
1.
Formula
Adalah
rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang
diwakili dengan tanda operator matematika. berikut contoh formula / operator
matematika dan fungsinya :
FORMULA / OPERATOR MATEMATIK |
||||
Simbol |
Kegunaan |
Contoh penggunaan |
||
^ |
Pemangkatan |
=5^2 |
B2^2 |
=B5^C5 |
* |
Perkalian |
10*5 |
A1*30 |
C3*D3 |
/ |
Pembagian |
10/5 |
C3/2 |
D2/D3 |
+ |
Penjumlahan |
12+156 |
D1+50 |
F5+G5 |
- |
Pengurangan |
175-99 |
B4-22 |
A4-B4 |
Dalam membuat rumus – rumus,
kita harus memulainya dengan simbol “=” (sama dengan) kemudian diikuti
formulanya (rumus).
2.
Fungsi
Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada excel untuk
melakukan perhitungan dengan menggunakan statistik dan logika. Pada umumnya fungsi dilengkapi dengan argumen. Argumen
fungsi dapat berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Biasanya penulisan argumen harus diapit oleh tanda
kurung. Fungsi – fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel antara lain sebagai
berikut:
1.
Fungsi Statistik
Pada umumnya fungsi statistik
memerlukan argumen berupa range. Dengan fungsi ini kita bisa melakukan analisis
– analisis sederhana. Fungsi statistik yang akan sering kita gunakan antara
lain sebagai berikut:
FUNGSI
STATISTIK |
BENTUK
PENULISAN FUNGSI |
KEGUNAAN |
SUM |
=SUM(list atau range) |
Digunakan untuk menjumlahkan
data dalam suatu list (daftar) atau range. Contoh: =SUM(33;21;77;81) : menjumlahkan angka – angka
yang terdapat dalam list (33, 21, 77, dan 81) =SUM(C5;C10) : menjumlahkan angka – angka dalam
range C5 hingga C10 =SUM(A1;B3;C2) : menjumlahkan isi sel A1, B3,
dan C2 atau A1+B3+C2 |
COUNT |
=COUNT(list atau range) |
Untuk menentukan jumlah sel
yang berisi data atau menghitung banyaknya data dalam list atau range.
Contoh: =COUNT(C5;C10) : memberikan nilai 2 =COUNT(C5:C10) : memberikan nilai 6 |
AVERAGE |
=AVERAGE(list atau range) |
Untuk menghitung rata-rata
data dalam list atau range (untuk menghitung nilai rata – rata dari
sekumpulan data).Contoh: =AVERAGE(C5;C10) : memberikan nilai 224.000
jika nilai C5 = 251.000 dan C10 = 197.000 |
MAX |
=MAX(list atau range) |
Untuk menentukan nilai
maksimum (terbesar) data dalam suatu list atau range.Contoh: =MAX(B5:B10) : MEMBERIKAN NILAI 17 jika sel B5
hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13 |
MIN |
=MIN(list atau range) |
Untuk menentukan nilai
minimum (terkecil) data dalam suatu list atau range.Contoh: -MIN(B5:B10) : memberikan nilai 11 jika sel B5
hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13 |
2.
Fungsi Matematik
Fungsi matematik digunakan
untuk melakukan operasi matematika. Fungsi matematika ntara lain sebagai
berikut:
FUNGSI MATEMATIK |
BENTUK PENULISAN FUNGSI |
KEGUNAAN |
ABS |
=ABS (angka) |
Digunakan untuk menentukan
harga absolut (mutlak) dari suatu bilangan /nilai/ angka dari suatu
sel.Contoh: =ABS(-15) : memberikan nilai 15 =ABS(-2) : memberikan nilai 2 =ABS(20) : memberikan nilai 20 =ABS(A2) : memberikan nilai mutlak dari harga
di sel A2 |
ROUND |
=ROUND (angka; angka_digit) |
Untuk menentukan pembulatan
suatu bilangan sesuai dengan angka desimal yang ditentukan atau membulatkan
angka hingga kejumlah digit yang diinginkan. Contoh: =ROUND(22.3333;1)
:
memberikan nilai 22.3 =ROUND(23.44444;3) : memberikan nilai 23.444 =ROUND(12345.67;0) : memberikan nilai 12345 =ROUND(12345.67;-1) : memberikan nilai 12350 =ROUND(12345.67;-2) : memberikan nilai 12300 =ROUND(B5;4) dengan B5 = 123.456789
makaakanmemberikannilai 123.4567 |
Mengetahui, Kepala Sekolah
( REMIGIUS SANIT, S.Pd) NIP:19680425 200112 1004 |
|
Mamsena, Juli 2020 Guru Mapel Informatika.
( AGUSTINA D. SUTAL,S .Kom ) NIP: 19840427
201503 2 005 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
JARAK JAUH (KOMBINASI DARING DAN LURING)
Satuan Pendidikan : SMA Negeri Insana
Barat
Mata Pelajaran : Bimbingan TIK
Kelas/ Semester : X/
Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Materi Pokok : Formula
dan Fungsi pada Microsoft Excel
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini
peserta didik diharapkan dapat:
1. Menjelaskan manfaat formula dan fungsi pada Ms. Excel
2. Menggunakan formula dan
fungsi pada Ms. Excel
3. Menyelesaikan masalah pengolahan angka dengan formula dan fungsi pada Ms.Excel
B. SUMBER BELAJAR
1. Bahan ajar TIK Kelas X
2. Buku pegangan guru
TIK kelas X
3. Internet
C.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Komputer, Aplikasi Ms.excel
D.
MODEL PEMBELAJARAN
Saintific
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP PEMBELAJARAN |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
ALOKASI WAKTU |
A, Kegiatan
Pendahuluan
10 menit |
||
Pendahuluan (persiapan/orientasi) |
v Melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta
didik sebagai sikap disiplin
|
|
Apersepsi |
v Mengingatkan kembali materi sebelumnya dengan quis
|
|
Motivasi
|
v Memberikan gambaran tentang
manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
|
|
A. Kegiatan Inti
30 menit |
||
|
Guru
Minta murid untuk: Mengamati a.
Guru
menayangkan materi manfaat dan langkah-langkah menggunakan formula dan
fungsi pada Ms. excel Menanya Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk
bertanya tentang manfaat formula dan fungsi pada Ms. excel
yang sudah mereka lihat dalam tutorial yang guru tayangkan b.
Peserta
didik
dibagi ke dalam beberapa ke dalam 5 – 6 kelompok, kelompok dibagi berdasarkan
kesiapan belajar murid dan profil belajar murid (Guru melakukan diferensiasi proses) c.
Guru
membagikan LKPM (lembar kerja pembelajaran murid) d.
Peserta didik beridiskusi dan mengenai manfaat formula dan
fungsi yang ada pada Ms.Excel Mengasosiasi e.
Peserta didik mencari referensi dari buku dan interenet, google
classsrom dan chanel youtube terkait cara penggunaan formula dan dan fungsi
pada ms.excel (Guru melakukan diferensiasi konten)
Mengkomunikasikan f.
Perwakilan dari kelompok
penyampaikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain
|
|
Kegiatan Penutup
5 Menit |
||
|
a. Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan
penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai
pembiasaaan perilaku bertanggung jawab (tugas dapat
dikumpulkan melalui WA, Googleclassroom atau secara langsung saat jadwal
tatap muka) guru melakukan diferensiasi
produk b. Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan c. Menginformasikan materi yang akan dipelajari
dipertemuan selanjutnya d. Mengakhiri pembelajaran dengan salam sebagai pembiasaan perilaku
santun dan religius |
|
F. PENILAIAN
Sikap : Observasi terhadap sikap komitmen murid
dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas, keaktifan dan kerjasama dalam diskusi kelompok .
Pengetahuan : Menunjukkan pengetahuan tentang Formula dan fungsi dalam Ms. Excel
Keterampilan : Menggunakan formula
dan fungsi dalam Ms.Excel untuk menyelesaikan contoh soal
Strategi dan Alat Penilaian:
1. Penilaian Sikap
-
Strategi: Observasi
-
Alat:
Catatan Anekdot
Nama murid |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
Tanggal/ Catatan
sikap |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian Pengetahuan
Nama Satuan pendidikan : SMAN Insana Barat
Tahun pelajaran : 2019/2020
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Mata Pelajaran :BTIK
1.
KISI-KISI SOAL
No |
Kompetensi Dasar |
IPK |
Materi |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
No Soal |
1 |
Mengidentifikasi perangkat lunak
pengolah angka (Ms. Exel) beserta fungsi ikon dan menunya
|
Menetukan
rata-rata (average) |
Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel |
disajikan data dalam
tabel daftar nilai, siswa diminta untuk menentukan
ratarata nilai siswa |
L3 |
Essay
Test |
1 |
2 |
|
Menetukan nilai tertinggi (MAX) |
Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel |
disajikan data dalam
tabel daftar nilai, siswa diminta untuk menentukan
ratarata nilai siswa |
L3 |
Essay
Test |
2 |
3 |
|
Menetukan nilai
terendah (min) |
Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel |
disajikan data dalam
tabel daftar nilai, siswa diminta untuk menentukan
ratarata nilai siswa |
L3 |
Essay
Test |
3 |
2.
BUTIR SOAL, KUNCI JAWABAN
DAN PEDOMAN PENSKORAN
No |
Butir Soal |
Kunci Jawaban |
Pedoman Penskoran |
1.
|
Dari
tabel daftar nilai informaika kelas X
MIA berapakah nilai rata-rata dari siswa Irma?
|
85,5
|
2 |
2 |
Dari
tabel daftar nilai informaika kelas X
MIA Siapakah siswa yang memperoleh nilai tertinggi ?
|
MARIA |
2 |
3 |
Dari
tabel daftar nilai informaika kelas X
MIA siapakah siswa yang memperoleh nilai terendah?
|
DIANA
|
2 |
|
TOTAL
SKOR MAKSIMUM |
|
6 |
3. Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan
Nama Satuan pendidikan : SMAN Insana Barat
Tahun pelajaran : 2020/2021
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Mata Pelajaran :
BTIK
Alokasi Waktu : 2
x 45 Menit
Indikator keterampilan yang relevan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data
1.
Kurang
terampil jika sama sekali tidak dapat membuat Teks, tidak dapat membuat tabel
dan tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM
2.
Cukup
Terampil jika dapat membuat teks namun tidak dapat membuat tabel dan menerapkan
fungsi Average, MAX, MIN dan SUM
3.
Terampil jika dapat membuat teks, tabel namun
tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM
4.
Sangat
Terampil jika mampu membuat teks, tabel dan menerapkan fungsi Average, MAX, MIN
dan SUM
Bubuhkan tanda √ yang sesuai dengan hasil
pengamatan
No |
Nama Siswa |
Keterampilan Menerapkan konsep/prinsip
Problem Based Learning |
|||
|
|
ST |
T |
CT |
KT |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
6 |
Dst....... |
|
|
|
|
keterangan
ST :
Sangat Terampil
T :
Terampil
CT :
Cukup Terampil
KT :
Kurang Terampil
lampran
4
LEMBAR KERJA
PEMBELAJARAN MURID (LKPM)
KELAS
: _______________________________
NAMA
ANGGOTA
KELOMPOK : 1. ____________________________
2.______________________________
3. _____________________________
4.______________________________
5.______________________________
Materi Pokok : Formula dan fungsi pada Ms. Excel
Petunjuk :
1. Kerjakan tugas ini secara
Berkelompok
2.
kerjakan
sesuai petunjuk
3.
hasil
tugas dikumpulkan lewat
group WA, Classroom atau secara langsung pada pertemuan berikut
1.
Langkah-langkah
mengerjakan Tugas Praktik
Ø Aktifkan Ms. Exel dengan rosedur
yang benar
Ø Buatlah tabel seperti tabel di
bawah ini !
Ø Tentukanlah rata-rata, nilai
tertinggi, nilai terendah dan jumlah sesuai petunjuk pada tabel di bawah !
2.
Esai Test
1)
Dari tabel daftar nilai informaika kelas X MIA berapakah nilai
rata-rata dari siswa Irma?
_______________________
2)
Dari tabel daftar nilai informaika kelas X MIA Siapakah siswa yang
memperoleh nilai tertinggi ?
_________________
3)
Dari tabel daftar nilai informaika kelas X MIA siapakah siswa yang
memperoleh nilai terendah?
_________________________
lampran
4 Bahan
Ajar
FORMULA
dan FUNGSI SEDERHANA dalam
MICROSOFT EXCEL
Salah satu fungsi utama program
pengolah angka seperti Microsoft Excel
adalah untuk menghitung data secara otomatis.
1.
Formula
Adalah
rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang
diwakili dengan tanda operator matematika. berikut contoh formula / operator
matematika dan fungsinya :
FORMULA / OPERATOR MATEMATIK |
||||
Simbol |
Kegunaan |
Contoh penggunaan |
||
^ |
Pemangkatan |
=5^2 |
B2^2 |
=B5^C5 |
* |
Perkalian |
10*5 |
A1*30 |
C3*D3 |
/ |
Pembagian |
10/5 |
C3/2 |
D2/D3 |
+ |
Penjumlahan |
12+156 |
D1+50 |
F5+G5 |
- |
Pengurangan |
175-99 |
B4-22 |
A4-B4 |
Dalam membuat rumus – rumus,
kita harus memulainya dengan simbol “=” (sama dengan) kemudian diikuti
formulanya (rumus).
2.
Fungsi
Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada excel untuk
melakukan perhitungan dengan menggunakan statistik dan logika. Pada umumnya fungsi dilengkapi dengan argumen. Argumen
fungsi dapat berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Biasanya penulisan argumen harus diapit oleh tanda
kurung. Fungsi – fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel antara lain sebagai
berikut:
1.
Fungsi Statistik
Pada umumnya fungsi statistik
memerlukan argumen berupa range. Dengan fungsi ini kita bisa melakukan analisis
– analisis sederhana. Fungsi statistik yang akan sering kita gunakan antara
lain sebagai berikut:
FUNGSI
STATISTIK |
BENTUK
PENULISAN FUNGSI |
KEGUNAAN |
SUM |
=SUM(list atau range) |
Digunakan untuk menjumlahkan
data dalam suatu list (daftar) atau range. Contoh: =SUM(33;21;77;81) : menjumlahkan angka – angka
yang terdapat dalam list (33, 21, 77, dan 81) =SUM(C5;C10) : menjumlahkan angka – angka dalam
range C5 hingga C10 =SUM(A1;B3;C2) : menjumlahkan isi sel A1, B3,
dan C2 atau A1+B3+C2 |
COUNT |
=COUNT(list atau range) |
Untuk menentukan jumlah sel
yang berisi data atau menghitung banyaknya data dalam list atau range.
Contoh: =COUNT(C5;C10) : memberikan nilai 2 =COUNT(C5:C10) : memberikan nilai 6 |
AVERAGE |
=AVERAGE(list atau range) |
Untuk menghitung rata-rata
data dalam list atau range (untuk menghitung nilai rata – rata dari
sekumpulan data).Contoh: =AVERAGE(C5;C10) : memberikan nilai 224.000
jika nilai C5 = 251.000 dan C10 = 197.000 |
MAX |
=MAX(list atau range) |
Untuk menentukan nilai
maksimum (terbesar) data dalam suatu list atau range.Contoh: =MAX(B5:B10) : MEMBERIKAN NILAI 17 jika sel B5
hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13 |
MIN |
=MIN(list atau range) |
Untuk menentukan nilai
minimum (terkecil) data dalam suatu list atau range.Contoh: -MIN(B5:B10) : memberikan nilai 11 jika sel B5
hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13 |
2.
Fungsi Matematik
Fungsi matematik digunakan
untuk melakukan operasi matematika. Fungsi matematika ntara lain sebagai
berikut:
FUNGSI MATEMATIK |
BENTUK PENULISAN FUNGSI |
KEGUNAAN |
ABS |
=ABS (angka) |
Digunakan untuk menentukan
harga absolut (mutlak) dari suatu bilangan /nilai/ angka dari suatu
sel.Contoh: =ABS(-15) : memberikan nilai 15 =ABS(-2) : memberikan nilai 2 =ABS(20) : memberikan nilai 20 =ABS(A2) : memberikan nilai mutlak dari harga
di sel A2 |
ROUND |
=ROUND (angka; angka_digit) |
Untuk menentukan pembulatan
suatu bilangan sesuai dengan angka desimal yang ditentukan atau membulatkan
angka hingga kejumlah digit yang diinginkan. Contoh: =ROUND(22.3333;1)
:
memberikan nilai 22.3 =ROUND(23.44444;3) : memberikan nilai 23.444 =ROUND(12345.67;0) : memberikan nilai 12345 =ROUND(12345.67;-1) : memberikan nilai 12350 =ROUND(12345.67;-2) : memberikan nilai 12300 =ROUND(B5;4) dengan B5 = 123.456789
makaakanmemberikannilai 123.4567 |
Mengetahui, Kepala Sekolah
( REMIGIUS SANIT, S.Pd) NIP:19680425 200112 1004 |
|
Mamsena, Juli 2020 Guru Mapel Informatika.
( AGUSTINA D. SUTAL,S .Kom ) NIP: 19840427
201503 2 005 |
Komentar
Posting Komentar