RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA

JARAK JAUH  (KOMBINASI DARING DAN LURING)

 

Satuan Pendidikan                   :  SMA Negeri Insana Barat

Mata Pelajaran                         : Bimbingan TIK

Kelas/ Semester                       : X/ Ganjil

Tahun Pelajaran                       : 2020/2021

Materi Pokok                           : Formula dan Fungsi pada Microsoft Excel 

Alokasi Waktu                         : 2 x 45 Menit

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:

1.      Menjelaskan manfaat formula dan fungsi pada Ms. Excel

2.      Menggunakan formula dan  fungsi  pada Ms. Excel

3.      Menyelesaikan masalah pengolahan angka dengan  formula dan fungsi pada Ms.Excel

 

B.     SUMBER BELAJAR

 

1.     Bahan ajar TIK  Kelas X

2.     Buku  pegangan guru TIK  kelas X

3.     Internet

 

 

C.    MEDIA PEMBELAJARAN

 

Komputer,  Aplikasi Ms.excel

 

 

D.    MODEL PEMBELAJARAN

 

      Saintific


E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

TAHAP PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

A, Kegiatan Pendahuluan                                                                                                       10 menit

Pendahuluan

(persiapan/orientasi)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 

 

 

Apersepsi

v  Mengingatkan kembali materi sebelumnya dengan quis

 

 

Motivasi

 

 

 

 

 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari       

 

 

A.    Kegiatan Inti                                                                                                                  30 menit

 

Guru Minta murid untuk:

Mengamati

a.       Guru menayangkan  materi manfaat dan  langkah-langkah menggunakan formula dan fungsi pada Ms. excel

Menanya

Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya tentang manfaat formula dan fungsi pada Ms. excel  yang sudah mereka lihat dalam tutorial yang guru tayangkan

b.      Peserta didik dibagi ke dalam beberapa ke dalam 5 – 6 kelompok, kelompok dibagi berdasarkan kesiapan belajar murid dan profil belajar murid  (Guru melakukan diferensiasi proses)

c.       Guru membagikan LKPM (lembar kerja pembelajaran murid)

d.      Peserta didik beridiskusi dan mengenai manfaat formula dan fungsi yang ada pada Ms.Excel

Mengasosiasi

e.        Peserta didik mencari  referensi dari buku dan interenet, google classsrom dan chanel youtube terkait cara penggunaan formula dan dan fungsi pada ms.excel

(Guru melakukan diferensiasi konten)

 

Mengkomunikasikan

f.        Perwakilan dari kelompok penyampaikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain

 

 

 

 

Kegiatan Penutup                                                                                                                        5  Menit

 

a.       Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai pembiasaaan perilaku bertanggung jawab (tugas dapat dikumpulkan melalui WA, Googleclassroom atau secara langsung saat jadwal tatap muka) guru melakukan diferensiasi produk

b.      Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

c.       Menginformasikan materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya

d.      Mengakhiri pembelajaran dengan salam sebagai pembiasaan perilaku santun dan religius

 

 

 

F.    PENILAIAN

 

Sikap            : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas, keaktifan dan  kerjasama dalam diskusi kelompok .

Pengetahuan  : Menunjukkan pengetahuan tentang Formula dan fungsi dalam Ms. Excel

Keterampilan  : Menggunakan formula dan fungsi dalam Ms.Excel untuk menyelesaikan contoh soal

 

 

Strategi dan Alat Penilaian:

 1. Penilaian Sikap

-          Strategi: Observasi

-          Alat: Catatan Anekdot

 

Nama murid

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

2. Instrumen Penilaian Pengetahuan

 

Nama Satuan pendidikan         : SMAN Insana Barat

Tahun pelajaran                       : 2019/2020

Kelas/Semester                        : X/ Ganjil

Mata Pelajaran                         :BTIK

 

1.      KISI-KISI SOAL

No

Kompetensi Dasar

IPK

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No Soal

1

Mengidentifikasi perangkat lunak pengolah angka (Ms. Exel) beserta fungsi ikon dan menunya

 

Menetukan rata-rata (average)

Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel

disajikan data dalam tabel  daftar  nilai, siswa diminta untuk menentukan ratarata  nilai siswa

L3

Essay Test

1

2

 

Menetukan  nilai tertinggi (MAX)

Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel

disajikan data dalam tabel  daftar  nilai, siswa diminta untuk menentukan ratarata  nilai siswa

L3

Essay Test

2

3

 

Menetukan nilai terendah (min)

Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel

disajikan data dalam tabel  daftar  nilai, siswa diminta untuk menentukan ratarata  nilai siswa

L3

Essay Test

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      BUTIR SOAL, KUNCI  JAWABAN  DAN  PEDOMAN  PENSKORAN

 

No

Butir Soal

Kunci Jawaban

Pedoman Penskoran

1.

 

 

Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA berapakah nilai rata-rata dari siswa

Irma?

 

85,5

 

 

2

 

 

2

Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA Siapakah siswa yang memperoleh nilai tertinggi ?

 

 

MARIA

2

3

Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA siapakah siswa yang memperoleh nilai terendah? 

 

 

DIANA

2

 

TOTAL SKOR MAKSIMUM

 

6

 

 

3.      Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan

 

Nama Satuan pendidikan         : SMAN Insana Barat

Tahun pelajaran                       : 2020/2021

Kelas/Semester                        : X/ Ganjil

Mata Pelajaran                         : BTIK

Alokasi Waktu                                     : 2 x 45 Menit

 

Indikator keterampilan  yang relevan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data

1.         Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat membuat Teks, tidak dapat membuat tabel dan tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

2.         Cukup Terampil jika dapat membuat teks namun tidak dapat membuat tabel dan menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

3.          Terampil jika dapat membuat teks, tabel namun tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

4.         Sangat Terampil jika mampu membuat teks, tabel dan menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

 

Bubuhkan tanda √ yang sesuai dengan hasil pengamatan

No

Nama Siswa

Keterampilan

Menerapkan konsep/prinsip Problem Based Learning

 

 

ST

T

CT

KT

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

Dst.......

 

 

 

 

keterangan

ST  : Sangat Terampil

T    : Terampil

CT : Cukup Terampil

KT : Kurang Terampil

 

 

lampran 4

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN MURID (LKPM)

 

KELAS                                                           : _______________________________

NAMA ANGGOTA KELOMPOK                : 1. ____________________________

                                                                          2.______________________________

                                                                          3. _____________________________

                                                                          4.______________________________

                                                                          5.______________________________

Materi Pokok                   : Formula dan fungsi pada Ms. Excel

Petunjuk                      : 1.      Kerjakan tugas ini secara Berkelompok

2.               kerjakan sesuai petunjuk

3.             hasil tugas dikumpulkan lewat group WA, Classroom atau secara langsung pada pertemuan berikut

 

1.      Langkah-langkah mengerjakan Tugas Praktik

 

Ø  Aktifkan Ms. Exel dengan rosedur yang benar

Ø  Buatlah tabel seperti tabel di bawah ini !

Ø  Tentukanlah rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan jumlah sesuai petunjuk pada tabel di bawah !

2.      Esai Test

1)      Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA berapakah nilai rata-rata dari siswa Irma?

 

_______________________

2)      Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA Siapakah siswa yang memperoleh nilai tertinggi ?

 

_________________

 

3)      Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA siapakah siswa yang memperoleh nilai terendah?

 

_________________________

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lampran 4  Bahan Ajar

 

FORMULA  dan  FUNGSI SEDERHANA dalam MICROSOFT  EXCEL

Salah satu fungsi utama program pengolah angka seperti Microsoft  Excel adalah untuk menghitung data secara otomatis.

1.      Formula

Adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda operator matematika. berikut contoh formula / operator matematika dan fungsinya :

FORMULA / OPERATOR MATEMATIK

Simbol

Kegunaan

Contoh penggunaan

^

Pemangkatan

=5^2

B2^2

=B5^C5

*

Perkalian

10*5

A1*30

C3*D3

/

Pembagian

10/5

C3/2

D2/D3

+

Penjumlahan

12+156

D1+50

F5+G5

-

Pengurangan

175-99

B4-22

A4-B4

Dalam membuat rumus – rumus, kita harus memulainya dengan simbol “=” (sama dengan) kemudian diikuti formulanya (rumus).

2.      Fungsi

Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan statistik dan logika. Pada umumnya  fungsi dilengkapi dengan argumen. Argumen fungsi dapat berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Biasanya  penulisan argumen harus diapit oleh tanda kurung. Fungsi – fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel antara lain sebagai berikut:

1.      Fungsi Statistik

Pada umumnya fungsi statistik memerlukan argumen berupa range. Dengan fungsi ini kita bisa melakukan analisis – analisis sederhana. Fungsi statistik yang akan sering kita gunakan antara lain sebagai berikut:

FUNGSI STATISTIK

BENTUK PENULISAN FUNGSI

KEGUNAAN

SUM

=SUM(list atau range)

Digunakan untuk menjumlahkan data dalam suatu list (daftar) atau range. Contoh:

=SUM(33;21;77;81) : menjumlahkan angka – angka yang terdapat dalam list (33, 21, 77, dan 81)

=SUM(C5;C10) : menjumlahkan angka – angka dalam range C5 hingga C10

=SUM(A1;B3;C2) : menjumlahkan isi sel A1, B3, dan C2 atau A1+B3+C2

COUNT

=COUNT(list atau range)

 

Untuk menentukan jumlah sel yang berisi data atau menghitung banyaknya data dalam list atau range. Contoh:

=COUNT(C5;C10) : memberikan nilai 2

=COUNT(C5:C10) : memberikan nilai 6

AVERAGE

=AVERAGE(list atau range)

 

Untuk menghitung rata-rata data dalam list atau range (untuk menghitung nilai rata – rata dari sekumpulan data).Contoh:

=AVERAGE(C5;C10) : memberikan nilai 224.000 jika nilai C5 = 251.000 dan C10 = 197.000

MAX

=MAX(list atau range)

 

Untuk menentukan nilai maksimum (terbesar) data dalam suatu list atau range.Contoh:

=MAX(B5:B10) : MEMBERIKAN NILAI 17 jika sel B5 hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13

MIN

=MIN(list atau range)

Untuk menentukan nilai minimum (terkecil) data dalam suatu list atau range.Contoh:

-MIN(B5:B10) : memberikan nilai 11 jika sel B5 hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13

 

2.      Fungsi Matematik

Fungsi matematik digunakan untuk melakukan operasi matematika. Fungsi matematika ntara lain sebagai berikut:

FUNGSI MATEMATIK

BENTUK PENULISAN FUNGSI

KEGUNAAN

ABS

=ABS (angka)

Digunakan untuk menentukan harga absolut (mutlak) dari suatu bilangan /nilai/ angka dari suatu sel.Contoh:

=ABS(-15) : memberikan nilai 15

=ABS(-2) : memberikan nilai 2

=ABS(20) : memberikan nilai 20

=ABS(A2) : memberikan nilai mutlak dari harga di sel A2

ROUND

=ROUND (angka; angka_digit)

Untuk menentukan pembulatan suatu bilangan sesuai dengan angka desimal yang ditentukan atau membulatkan angka hingga kejumlah digit yang

diinginkan. Contoh:

=ROUND(22.3333;1)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            : memberikan nilai 22.3

=ROUND(23.44444;3) : memberikan nilai 23.444

=ROUND(12345.67;0) : memberikan nilai 12345

=ROUND(12345.67;-1) : memberikan nilai 12350

=ROUND(12345.67;-2) : memberikan nilai 12300

=ROUND(B5;4) dengan B5 = 123.456789 makaakanmemberikannilai 123.4567

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

( REMIGIUS SANIT, S.Pd)

NIP:19680425 200112 1004

 

Mamsena,      Juli 2020

Guru Mapel Informatika.

 

 

 

( AGUSTINA D. SUTAL,S .Kom )

             NIP: 19840427 201503 2 005

 

 

 

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA

JARAK JAUH  (KOMBINASI DARING DAN LURING)

 

Satuan Pendidikan       :  SMA Negeri Insana Barat

Mata Pelajaran                         : Bimbingan TIK

Kelas/ Semester                       : X/ Ganjil

Tahun Pelajaran                       : 2020/2021

Materi Pokok               : Formula dan Fungsi pada Microsoft Excel 

Alokasi Waktu             : 2 x 45 Menit

 

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:

1.      Menjelaskan manfaat formula dan fungsi pada Ms. Excel

2.      Menggunakan formula dan  fungsi  pada Ms. Excel

3.      Menyelesaikan masalah pengolahan angka dengan  formula dan fungsi pada Ms.Excel

 

B.     SUMBER BELAJAR

 

1.     Bahan ajar TIK  Kelas X

2.     Buku  pegangan guru TIK  kelas X

3.     Internet

 

 

C.    MEDIA PEMBELAJARAN

 

Komputer,  Aplikasi Ms.excel

 

 

D.    MODEL PEMBELAJARAN

 

      Saintific


E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

TAHAP PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

ALOKASI WAKTU

A, Kegiatan Pendahuluan                                                                                                       10 menit

Pendahuluan

(persiapan/orientasi)

v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

 

 

 

Apersepsi

v  Mengingatkan kembali materi sebelumnya dengan quis

 

 

Motivasi

 

 

 

 

 

v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari       

 

 

A.    Kegiatan Inti                                                                                                                  30 menit

 

Guru Minta murid untuk:

Mengamati

a.       Guru menayangkan  materi manfaat dan  langkah-langkah menggunakan formula dan fungsi pada Ms. excel

Menanya

Guru memberikan kesempatan kepada murid untuk bertanya tentang manfaat formula dan fungsi pada Ms. excel  yang sudah mereka lihat dalam tutorial yang guru tayangkan

b.      Peserta didik dibagi ke dalam beberapa ke dalam 5 – 6 kelompok, kelompok dibagi berdasarkan kesiapan belajar murid dan profil belajar murid  (Guru melakukan diferensiasi proses)

c.       Guru membagikan LKPM (lembar kerja pembelajaran murid)

d.      Peserta didik beridiskusi dan mengenai manfaat formula dan fungsi yang ada pada Ms.Excel

Mengasosiasi

e.        Peserta didik mencari  referensi dari buku dan interenet, google classsrom dan chanel youtube terkait cara penggunaan formula dan dan fungsi pada ms.excel

(Guru melakukan diferensiasi konten)

 

Mengkomunikasikan

f.        Perwakilan dari kelompok penyampaikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain

 

 

 

 

Kegiatan Penutup                                                                                                                        5  Menit

 

a.       Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai pembiasaaan perilaku bertanggung jawab (tugas dapat dikumpulkan melalui WA, Googleclassroom atau secara langsung saat jadwal tatap muka) guru melakukan diferensiasi produk

b.      Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan

c.       Menginformasikan materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya

d.      Mengakhiri pembelajaran dengan salam sebagai pembiasaan perilaku santun dan religius

 

 

 

F.    PENILAIAN

 

Sikap            : Observasi terhadap sikap komitmen murid dalam menyerahkan atau mengirimkan tugas, keaktifan dan  kerjasama dalam diskusi kelompok .

Pengetahuan  : Menunjukkan pengetahuan tentang Formula dan fungsi dalam Ms. Excel

Keterampilan  : Menggunakan formula dan fungsi dalam Ms.Excel untuk menyelesaikan contoh soal

 

 

Strategi dan Alat Penilaian:

 1. Penilaian Sikap

-          Strategi: Observasi

-          Alat: Catatan Anekdot

 

Nama murid

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

Tanggal/ Catatan sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

2. Instrumen Penilaian Pengetahuan

 

Nama Satuan pendidikan         : SMAN Insana Barat

Tahun pelajaran                       : 2019/2020

Kelas/Semester                        : X/ Ganjil

Mata Pelajaran                         :BTIK

 

1.      KISI-KISI SOAL

No

Kompetensi Dasar

IPK

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

No Soal

1

Mengidentifikasi perangkat lunak pengolah angka (Ms. Exel) beserta fungsi ikon dan menunya

 

Menetukan rata-rata (average)

Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel

disajikan data dalam tabel  daftar  nilai, siswa diminta untuk menentukan ratarata  nilai siswa

L3

Essay Test

1

2

 

Menetukan  nilai tertinggi (MAX)

Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel

disajikan data dalam tabel  daftar  nilai, siswa diminta untuk menentukan ratarata  nilai siswa

L3

Essay Test

2

3

 

Menetukan nilai terendah (min)

Fungsi dan rumus sederhana dalam MS. Exel

disajikan data dalam tabel  daftar  nilai, siswa diminta untuk menentukan ratarata  nilai siswa

L3

Essay Test

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.      BUTIR SOAL, KUNCI  JAWABAN  DAN  PEDOMAN  PENSKORAN

 

No

Butir Soal

Kunci Jawaban

Pedoman Penskoran

1.

 

 

Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA berapakah nilai rata-rata dari siswa

Irma?

 

85,5

 

 

2

 

 

2

Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA Siapakah siswa yang memperoleh nilai tertinggi ?

 

 

MARIA

2

3

Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA siapakah siswa yang memperoleh nilai terendah? 

 

 

DIANA

2

 

TOTAL SKOR MAKSIMUM

 

6

 

 

3.      Lembar Pengamatan Penilaian Keterampilan

 

Nama Satuan pendidikan         : SMAN Insana Barat

Tahun pelajaran                       : 2020/2021

Kelas/Semester                        : X/ Ganjil

Mata Pelajaran                         : BTIK

Alokasi Waktu                                     : 2 x 45 Menit

 

Indikator keterampilan  yang relevan yang berkaitan dengan ukuran pemusatan data

1.         Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat membuat Teks, tidak dapat membuat tabel dan tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

2.         Cukup Terampil jika dapat membuat teks namun tidak dapat membuat tabel dan menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

3.          Terampil jika dapat membuat teks, tabel namun tidak dapat menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

4.         Sangat Terampil jika mampu membuat teks, tabel dan menerapkan fungsi Average, MAX, MIN dan SUM

 

Bubuhkan tanda √ yang sesuai dengan hasil pengamatan

No

Nama Siswa

Keterampilan

Menerapkan konsep/prinsip Problem Based Learning

 

 

ST

T

CT

KT

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

Dst.......

 

 

 

 

keterangan

ST  : Sangat Terampil

T    : Terampil

CT : Cukup Terampil

KT : Kurang Terampil

 

 

lampran 4

LEMBAR KERJA PEMBELAJARAN MURID (LKPM)

 

KELAS                                                           : _______________________________

NAMA ANGGOTA KELOMPOK                : 1. ____________________________

                                                                          2.______________________________

                                                                          3. _____________________________

                                                                          4.______________________________

                                                                          5.______________________________

Materi Pokok                   : Formula dan fungsi pada Ms. Excel

Petunjuk                      : 1.      Kerjakan tugas ini secara Berkelompok

2.               kerjakan sesuai petunjuk

3.             hasil tugas dikumpulkan lewat group WA, Classroom atau secara langsung pada pertemuan berikut

 

1.      Langkah-langkah mengerjakan Tugas Praktik

 

Ø  Aktifkan Ms. Exel dengan rosedur yang benar

Ø  Buatlah tabel seperti tabel di bawah ini !

Ø  Tentukanlah rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah dan jumlah sesuai petunjuk pada tabel di bawah !

2.      Esai Test

1)      Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA berapakah nilai rata-rata dari siswa Irma?

 

_______________________

2)      Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA Siapakah siswa yang memperoleh nilai tertinggi ?

 

_________________

 

3)      Dari tabel daftar nilai  informaika kelas X MIA siapakah siswa yang memperoleh nilai terendah?

 

_________________________

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lampran 4  Bahan Ajar

 

FORMULA  dan  FUNGSI SEDERHANA dalam MICROSOFT  EXCEL

Salah satu fungsi utama program pengolah angka seperti Microsoft  Excel adalah untuk menghitung data secara otomatis.

1.      Formula

Adalah rumus-rumus yang terdapat pada aplikasi Excel untuk melakukan perhitungan yang diwakili dengan tanda operator matematika. berikut contoh formula / operator matematika dan fungsinya :

FORMULA / OPERATOR MATEMATIK

Simbol

Kegunaan

Contoh penggunaan

^

Pemangkatan

=5^2

B2^2

=B5^C5

*

Perkalian

10*5

A1*30

C3*D3

/

Pembagian

10/5

C3/2

D2/D3

+

Penjumlahan

12+156

D1+50

F5+G5

-

Pengurangan

175-99

B4-22

A4-B4

Dalam membuat rumus – rumus, kita harus memulainya dengan simbol “=” (sama dengan) kemudian diikuti formulanya (rumus).

2.      Fungsi

Fungsi adalah rumus-rumus yang terdapat pada excel untuk melakukan perhitungan dengan menggunakan statistik dan logika. Pada umumnya  fungsi dilengkapi dengan argumen. Argumen fungsi dapat berupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Biasanya  penulisan argumen harus diapit oleh tanda kurung. Fungsi – fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel antara lain sebagai berikut:

1.      Fungsi Statistik

Pada umumnya fungsi statistik memerlukan argumen berupa range. Dengan fungsi ini kita bisa melakukan analisis – analisis sederhana. Fungsi statistik yang akan sering kita gunakan antara lain sebagai berikut:

FUNGSI STATISTIK

BENTUK PENULISAN FUNGSI

KEGUNAAN

SUM

=SUM(list atau range)

Digunakan untuk menjumlahkan data dalam suatu list (daftar) atau range. Contoh:

=SUM(33;21;77;81) : menjumlahkan angka – angka yang terdapat dalam list (33, 21, 77, dan 81)

=SUM(C5;C10) : menjumlahkan angka – angka dalam range C5 hingga C10

=SUM(A1;B3;C2) : menjumlahkan isi sel A1, B3, dan C2 atau A1+B3+C2

COUNT

=COUNT(list atau range)

 

Untuk menentukan jumlah sel yang berisi data atau menghitung banyaknya data dalam list atau range. Contoh:

=COUNT(C5;C10) : memberikan nilai 2

=COUNT(C5:C10) : memberikan nilai 6

AVERAGE

=AVERAGE(list atau range)

 

Untuk menghitung rata-rata data dalam list atau range (untuk menghitung nilai rata – rata dari sekumpulan data).Contoh:

=AVERAGE(C5;C10) : memberikan nilai 224.000 jika nilai C5 = 251.000 dan C10 = 197.000

MAX

=MAX(list atau range)

 

Untuk menentukan nilai maksimum (terbesar) data dalam suatu list atau range.Contoh:

=MAX(B5:B10) : MEMBERIKAN NILAI 17 jika sel B5 hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13

MIN

=MIN(list atau range)

Untuk menentukan nilai minimum (terkecil) data dalam suatu list atau range.Contoh:

-MIN(B5:B10) : memberikan nilai 11 jika sel B5 hingga sel B10 terdiri dari angka 15, 12, 17, 11, 14, dan 13

 

2.      Fungsi Matematik

Fungsi matematik digunakan untuk melakukan operasi matematika. Fungsi matematika ntara lain sebagai berikut:

FUNGSI MATEMATIK

BENTUK PENULISAN FUNGSI

KEGUNAAN

ABS

=ABS (angka)

Digunakan untuk menentukan harga absolut (mutlak) dari suatu bilangan /nilai/ angka dari suatu sel.Contoh:

=ABS(-15) : memberikan nilai 15

=ABS(-2) : memberikan nilai 2

=ABS(20) : memberikan nilai 20

=ABS(A2) : memberikan nilai mutlak dari harga di sel A2

ROUND

=ROUND (angka; angka_digit)

Untuk menentukan pembulatan suatu bilangan sesuai dengan angka desimal yang ditentukan atau membulatkan angka hingga kejumlah digit yang

diinginkan. Contoh:

=ROUND(22.3333;1)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                            : memberikan nilai 22.3

=ROUND(23.44444;3) : memberikan nilai 23.444

=ROUND(12345.67;0) : memberikan nilai 12345

=ROUND(12345.67;-1) : memberikan nilai 12350

=ROUND(12345.67;-2) : memberikan nilai 12300

=ROUND(B5;4) dengan B5 = 123.456789 makaakanmemberikannilai 123.4567

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

 

( REMIGIUS SANIT, S.Pd)

NIP:19680425 200112 1004

 

Mamsena,      Juli 2020

Guru Mapel Informatika.

 

 

 

( AGUSTINA D. SUTAL,S .Kom )

             NIP: 19840427 201503 2 005

 

 

 

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKSI NYATA MODUL 1.4.a.10 PENERAPAN BUDAYA POSITIF

MATERI 3 BTIK BAGIAN-BAGIAN MS. WORD