AGUSTINA
DAMICE SUTAL –CGP ANGKATAN 1 – SMAN INSANA BARAT – TTU
TUGAS
MODUL 1.4.a.8 ELABORASI PEMAHAMAN
MENERAPKAN
PRINSIP BUDAYA POSITIF
Ø Materi
yang sangat saya pahami dari modul ini adalah :
1. Cara
menciptakan dan membiasakan budaya positif di kelas dan sekolah
2. Perbedaan
disiplin dan hukuman
3. Menerapkan
budaya positif dengan pembiasaan pendidikan karakter
4. Langkah-langkah
membuat kesepakatan kelas
Ø Materi
yang masih membingungkan bagi saya yaitu
:
Secara
garis besar saya sudah memahami modul ini dan dapat menerapkannya di kelas dan
sekolah yang masih menjadi kendala bagi saya yaitu bagaimana cara menggerakan
rekan-rekan guru lain untuk menerapkan budaya positif di sekolah
Ø Perubahan
yang dirasakan selama mempraktekakan budaya positif di sekolah :
1. Guru
akan lebih mudah mengontrol peserta didik karena disiplin tumbuh dari dalam diri murid tanpa
paksaan
2. Guru
lebih mengenal karekater peserta didik
3. Murid
merasa dilibatkan dalam pembuatan kesepakatan kelas
4. Murid
lebih bertanggung jawab
5. Suasana
kelas dan sekolah menjadi lebih nyaman
Ø Kesulitan
saat mencoba membangun budaya positif di kelas adalah adanya karakter bawaan
dari lingkungan dan keluarga yang sangat beragam sehingga perlu waktu untuk
merubahnya
Ø Tantangan yang dialami ketika menerapkan
budaya positif di kelas adalah
1. Proses
adaptasi kebiasaan lama ke baru
2. Konsistensi
dalam menjalankan budaya positif
Ø Strategi
baru yang dilakukan untuk menerapkan budaya postif di sekolah dengan
memanfaatkan berbagai sumber yang dimuliki :
1. Mulai
dari diri menjadi contoh dan teladan dalam menerapkan budaya positif
2. Melakukan
pendekapan dan komunikasi dengan peserta didik dan rekan-rekan guru
3. Membuat
pembiasaan melalui poster-poster berisi
ujaran –ujaran budaya positif
ANALISIA
STUDI KASUS
Cara yang efektif untuk mengajak
guru tersebut untuk menerapkan budaya
positif dikelasnya adalah dengan :
1. Melakukan
pendekatan dan membangun komunikasi dengan guru tersebut
2. Menemukan
kelebihan dan kekuatan positif yang ada dalam diri guru tersebut
3. Diskusi
terkait permsalahan penerapan budaya positif di kelas
4. Memberi
semangat dan dorongan
5. Melibatkan
guru tersebut dalam kegiatan-kegiatan yang berisi materi pembiasaan budaya
positif di sekolah
Komentar
Posting Komentar